Manfaat Jahe dan Kunyit untuk 4 Masalah Kesehatan Ini

Satu studi pada 120 orang penderita osteoarthritis menemukan, mengonsumsi 1 gram ekstrak jahe per hari selama 3 bulan secara efektif mengurangi peradangan. Sementara itu, uji tabung dan penelitian pada manusia menunjukkan bahwa ekstrak kunyit dapat menurunkan peradangan sama efektifnya dengan obat anti-inflamasi seperti ibuprofen dan aspirin.

Meredakan Penyakit Radang Sendi

Baik jahe dan kunyit bisa membantu mengurangi rasa sakit penyakit kronis. Studi menunjukkan bahwa curcumin, bahan aktif dalam kunyit, sangat efektif dalam mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh radang sendi.

Faktanya, sebuah tinjauan dari 8 studi menemukan, meminum 1.000 mg curcumin efekitf dalam mengurangi nyeri sendi. Seperti obat-obatan nyeri tertentu pada mereka yang menderita arthritis. Jahe juga telah terbukti mengurangi rasa sakit kronis yang berhubungan dengan radang sendi, bersama dengan beberapa kondisi lainnya.

Meredakan Flu

Banyak orang menggunakan kunyit dan jahe meredakan gejala pilek atau flu. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe memiliki sifat penambah kekebalan yang kuat. Satu studi menunjukkan bahwa jahe segar efektif melawan virus pernapasan manusia (HRSV), yang dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan pada bayi, anak-anak, dan orang dewasa.

Kurangi Mual

Beberapa penelitian telah mengamati kalau jahe bisa menjadi obat alami yang efektif untuk menenangkan perut dan membantu mengurangi mual. Satu studi pada 170 perempuan menemukan bahwa mengonsumsi 1 gram bubuk jahe setiap hari selama 1 minggu efektif dalam mengurangi mual. Penelitian lain menunjukkan bahwa jahe dapat mengurangi mual yang disebabkan oleh mabuk perjalanan, kemoterapi, dan gangguan pencernaan. (jpg/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah umar


Comment

Loading...