Penguatan Karakter Siswa, Ini Tips dari Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Sungguminasa

Fajar Ma'ruf

Fajar.co.id, Gowa — Menjadi seorang guru di sekolah itu tidaklah mudah. Aapalagi di era 4.0. Untuk mentransfer suatu ilmu, tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Namun, lain hal dengan Fajar Ma’ruf. Salah seorang kepala sekolah yang ada di Kabupaten Gowa ini mengatakan, hal itu dapat dilakukan dengan tahapan. “Jika kita paham bagaimana melakukan pendekatan-pendekatan kepada siswa,” katanya.

Lakukan kesiapan diri, pendekatan perilaku menghargai. Contohnya sebelum siswa masuk ke ruang kelas, jemput mereka di depan sekolah. “Ajak bersalaman di samping mereka diantar dan disaksikan oleh orang tuanya,” kata Fajar Ma’ruf, Selasa (26/11/2019).

Kepala SMP Negeri 3 Sungguminasa ini menambahkan bahwa poin penting adalah harus bangga dulu menjadi guru. “Itu karena guru adalah modal bagi kita. Sebagai guru kita berikan contoh teladan dengan memberikan penguatan karakter,” ujarnya.

Sekadar diketahui, SMP Negeri 3 Sungguminasa ini sejak dua tahun silam telah menciptakan agen perubahan dengan orang-orang teladan bekerja sama dengan pihak UNICEF. Sekolah ini juga masuk nominasi sekolah sehat 2019. (Fadly)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam

Comment

Loading...