Ketahui 3 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Rambut

0 Komentar

FAJAR.CO.ID– Beberapa produk kecantikan, menggunakan kopi sebagai campuran kandungannya. Kopi dipercaya mampu membersihkan dengan lebih menyeluruh sekaligus mengurangi selulit. Tak hanya untuk kulit, kini manfaat kopi juga diyakini baik untuk kesehatan rambut.

Kopi bermanfaat berkat kandungan kafeinnya

Menurut dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, sebenarnya yang memberi pengaruh sehat terhadap rambut bukan kopi itu sendiri. Namun, kandungan kafein yang terkandung di dalamnya.

“Ya, dari penelitian yang ada, memang ada kondisi di mana peserta penelitian dengan kondisi rambut tertentu mendapatkan obat topikal yang mengandung kafein,” jelasnya.

“Ketika mereka diberi obat tersebut, hasilnya terjadi pertumbuhan rambut yang cukup signifikan. Namun, salep ini tidak spesifik mengandung kopi, ya! Fokusnya itu pada kafein, bukan kopinya. Jumlah atau dosisnya pun telah disesuaikan sehingga minim risiko atau efek sampingnya,” tambah dr. Alvin.

Salah satu permasalahan yang paling sering menyerang rambut adalah kerontokan dan kebotakan. Bila kandungan kafein dalam kopi benar-benar bisa membantu mengatasi masalah tersebut, pasti akan banyak orang yang mencoba mengolesinya di kulit kepalanya agar pertumbuhan rambut bisa lebih cepat dan lebat.

Perhatikan hal ini sebelum menggunakan kopi untuk rambut

Menurut dr. Alvin, salep kafein yang dipakai dalam penelitian tersebut sudah diracik sedemikian rupa untuk pengobatan.

Beda halnya dengan kopi yang Anda buat sendiri sebagai pasta rambut dengan sedikit air tanpa campuran dan dosis yang jelas. Dikhawatirkan, racikan buatan Anda itu justru membuat kulit kepala iritasi. Ini akibat kurang higienis atau takaran yang salah.

Sebaiknya lagi, Anda memakai produk perawatan rambut yang memang sudah diuji dengan standar kesehatan yang baik. Pilih produk yang mengandung kafein untuk mempercepat proses pertumbuhan rambut. Hal ini dilakukan agar lebih higienis serta campuran bahan-bahannya diracik dengan kadar yang akurat.

Bila tidak menemukan produk seperti itu di dekat Anda, pastikan saja tidak memiliki alergi ataupun berkulit sensitif. Jadi, Anda bisa mengaplikasikan kopi di rambut.

“Setelah didiamkan selama beberapa waktu, jangan lupa untuk membilasnya sampai bersih. Ingat, harus benar-benar bersih agar tidak bikin gatal,” tegas dr. Alvin.

Manfaat kafein dalam kopi untuk kesehatan rambut

Apabila produk perawatan rambut berkafein atau masker kopi rumahan yang Anda buat cocok dengan kondisi rambut Anda, berikut ini beberapa manfaat yang bisa dirasakan, yakni:

Meningkatkan pertumbuhan rambut

Kerontokan rambut umumnya terjadi seiring bertambahnya usia. Mengaplikasikan kopi secara dioleskan di rambut dan kulit kepala dapat membantu menghentikan kerontokan serta meningkatkan pertumbuhannya kembali.

Dalam kasus kebotakan pria, kerontokan rambut biasanya terjadi ketika hormon seks dihydrotestosterone (DHT) merusak folikel rambut. Itu berlaku juga buat wanita. Kadar kafein dalam kopi dapat merangsang pertumbuhan rambut dan menghentikan kerontokan tersebut.

Berdasarkan sebuah studi 2007, kafein membantu menghalangi efek DHT di folikel rambut pria. Ini merangsang perpanjangan batang rambut, menghasilkan akar rambut yang lebih panjang dan lebih luas. Efek ini sekaligus memperpanjang durasi anagen yang merupakan tahap pertumbuhan rambut.

Perlu Anda ketahui kafein adalah stimulan. Kandungan ini juga mampu meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut. Ini juga dapat membantu rambut tumbuh lebih cepat dan menjadi lebih kuat. Tak lupa memberikan penampilan rambut yang lebih tebal.

Membuat rambut lebih lembut dan berkilau

Rambut kusam, rapuh, dan kering, ternyata juga dapat diatasi dengan kopi. Beberapa orang percaya membilas rambut dengan kopi juga dapat mengurangi kadar kekusaman. Hal ini karena adanya kandungan flavonoid yang merupakan antioksidan pendorong regenerasi rambut.

Batang rambut juga bisa menjadi lebih halus, tidak kusut, dan mudah diatur. Meski disebut-sebut bersifat diuretik bagi tubuh, kafein tidak menghilangkan minyak dari rambut. Jangan khawatir kelembapan rambut dan kulit kepala tetap terjaga. Tentunya, ini membuat rambut juga lebih berkilau.

Menggelapkan warna rambut

Rambut mulai memudar warnanya alias menjadi keabu-abu? Kopi juga berguna jika Anda ingin menggelapkan warna rambut kembali secara alami. Kopi berwarna gelap sehingga berfungsi sebagai cat hitam alami bagi rambut yang sudah mulai kehilangan warnanya.

Ini bisa menjadi salah satu cara memperbaiki rambut dengan cepat. Namun, hanya berlaku untuk Anda yang memiliki rambut berwarna alami cokelat dan hitam. Untuk hasil terbaik, gunakan kopi kental seperti jenis espresso.

Bila ingin mudah merasakan manfaat kopi untuk kesehatan rambut, Anda bisa membuat seduhan kopi yang dimasukkan dalam botol spray. Setelah keramas, semprotkan di batang rambut dan kulit kepala.

Berikan pijatan lembut serta diamkan selama 20 menit. Jangan lupa untuk membungkus rambut dengan shower cap supaya tidak mudah menguap. Lalu, bilas dengan air sampai bersih.

Itu dia penjelasan tentang manfaat kopi untuk kesehatan rambut. Kafein dalam kopi ternyata mampu membantu pertumbuhan rambut sehingga masalah kebotakan bisa diatasi. Jika masalah kerontokan dan kebotakan rambut sudah parah, sebaiknya Anda mendapatkan tindakan medis yang lebih ampuh dari dokter. (AYU/ RH/klikdokter/jpnn/fajar)

Sumber : klikdokter
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...