Mahfud MD Bantah Dubes Arab Saudi soal Habib Rizieq, Damai Lubis: Dapat Dimaknai Ada Cekal

Menkopolhukam Mahfud MD

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab hingga kini masih di Arab Saudi dan belum bisa pulang ke Indonesia.

Salah satu tokoh Alumni 212 Damai Hari Lubis menuding ada permintaan dari Pemerintah Indonesia ke Arab Saudi, sehingga Habib Rizieq tak bisa pulang.

Hal ini, kata Damai Lubis, dikuatkan dengan pernyataan terbaru dari Dubes Arab Saudi bahwa ada negosiasi perihal pencekalan Rizieq.

“Ini dapat saja dimaknai memang benar tentang adanya proses cekal yang sudah berlangsung setahun lebih lamanya,” ujar Damai kepada JPNN (grup fajar.co.id), Rabu (27/11).

Damai pun mengomentari pendapat yang disampaikan oleh Menkopolhukam Mahfud MD, bahwa tak ada negosiasi dengan Pemerintahh Arab Saudi terkait masalah Habib Rizieq.

Mahfud MD mengatakan hal itu, membantah pernyataan Dubes Arab Saudi, Esam A Abid Althagafi, yang mengatakan ada negosiasi antar-otoritas tinggi antara Arab Saudi dan Indonesia soal Habib Rizieq.

Menurut Damai, pernyataan Mahfud MD itu tidak tepat. Yang harusnya dilakukan Mahfud, lanjut Damai, adalah mengungkap sosok yang selama ini tak mau Rizieq kembali ke Indonesia.

“Yang jelas Mahfud MD berkewajiban, paling tidak keluar dan mengklarifikasi tentang siapa oknum (pejabat tinggi) pemerintah yang membuat negosiasi terkait pencekalan dan langsung bekerja sesuai tupoksi,” sambung Damai.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah umar


Comment

Loading...