Murid SDIT Nurul Fikri Makassar Belajar Hak dan Kewajiban untuk Tubuh

0 Komentar

dr Fatimah Radi bersama murid SDIT Nurul Fikri.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Murid level kelas 3 SDIT Nurul Fikri Makassar menggelar kegiatan Puncak Tema pada Rabu (27/11/2019). Kegiatan berlangsung di halaman sekolah itu, Jalan Meranti Raya Nomor 1, dimulai sejak pukul 08.00 hingga pukul 11. 30 Wita.

Menghadirkan seorang dokter ahli gizi, dr Fatimah Radhi MKes, selaku pemateri. Puncak Tema tentang Hak dan Kewajiban terhadap diriku mengangkat tema “Ayo Sehat dengan Makanan Bergizi”.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 133 murid dan didampingi oleh wali kelas masing-masing. Puncak tema yang rutin dilaksanakan setiap semester atau enam bulan sekali merupakan implementasi dari pembelajaran murid di kelas yaitu materi tentang “Hak dan Kewajiban terhadap Diriku”.

“Makanan yang sehat merupakan makanan yang dikonsumsi sesuai dengan kandungan gizi yang ada di dalamnya. Makanan sehat mengandung gizi yang seimbang bagi tubuh,” kata dr Fatimah, menjelaskan.

“Gizi yang kita makan harus sesuai dengan kebutuhan tubuh kita,” tambahnya, saat memaparkan materi.

Ustaz Hasbi SPd selaku Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum Kelas Rendah menyampaikan bahwa tubuh memiliki hak untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. “Dan kewajiban kita adalah memilih makanan yang sehat dan akan menjauhkan kita dari berbagi penyakit,” tuturnya.

Sementara, dr Fatimah juga menjelaskan bahwa sayuran dan buah-buahan itu baik untuk tubuh dan kesehatan. Karena itu bisa melancarkan kesehatan tubuh. Selain itu, dalam sehari juga dibutuhkan mengonsumsi air kurang lebih 8 gelas dan olahraga yang teratur.

Koordinator level kelas 3, Ustaz Khaerullah SPd, merasa sanang karena kegiatan Puncak Tema kali ini berjalan dengan baik. “Kegiatan ini juga sangat membantu dalam memberikan pemahaman kepada murid terkait manfaat setiap makanan yang dikonsumsi. Misalnya nasi berfungsi sebagai zat energi, dengan ini juga anak2 akan memahami bahwa setiap individu punya hak dan kewajiban menjaga tubuh dengan makanan yang bergizi untuk menjaga asupan diri yang sehat.” Jelasnya.

Seluruh murid mengikuti kegiatan dengan sangat antusias. Mereka senang bertanya dan menjawab apabila dr Fatimah mengajukan pertanyaan dan mempersilakan mereka bertanya mengenai hal-hal yang belum mereka pahami.

Setelah pemberian materi, kegiatan dilanjutkan dengan praktek pengelompokan jenis makanan yang telah disiapkan serta lomba bakiak sebagai bagian dari olahraga. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...