Preview Barcelona vs Dortmund: Kursi Panas

0 Komentar

Pertemuan pertama Barcelona dan Dortmund di Signal Iduna Park/Getty Images

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Barcelona perlu ekstra hati-hati di matchday kelima Grup F. Borussia Dortmund yang datang bertamu dinihari nanti wajib menang untuk menyelamatkan sang pelatih.  

TEKANAN ekstra dihadapi Lucien Favre menjelang bigtmach ini. Menyusul dua hasil buruk anak asuhnya, Favre sudah mendapat ultimatum dari petinggi klub. Nama eks pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino saat ini bahkan sudah muncul dan kekalahan di Camp Nou bisa menjatuhkan vonis bagi sang pelatih.

Direktur olahraga Borussia Dortmund Michael Zorc secara terbuka sudah mengumumkan bahwa topik pergantian pelatih sudah mengemuka. Karena itu, mereka menuntut peningkatan kinerja Dortmund saat menghadapi Barcelona.

“Jelas topik itu akan didiskusikan secara terbuka karena situasi kami lebih dari tidak memuaskan. Tentu saja kami akan menganalisisnya dengan sangat intensif. Kami akan bertanding di Barcelona bersama Lucien Favre dan kami berharap akan melihat peningkatan kinerja yang signifikan di sana,” kata Zorc kepada Funke Sport.

Panasnya kursi Favre dipertegas CEO Dortmund, Hans-Joachim Watzke. Berbicara setelah hasil imbang 3-3 kontra tim medioker, Paderborn, Watzke mengatakan bahwa manajemen menantang tim Favre untuk bertindak.

Pada komentar yang lebih keras, Watzke mengatakan bahwa kata-kata kini tidak cukup lagi. “Kamu (Favre) masih memiliki kepercayaan kami. Tetapi pada akhirnya sepakbola selalu ditentukan oleh hasil. Kami semua berharap Anda dan tim dapat membalikkan keadaan ini,” tegas Watzke di RUPS klub.

Kapten Dortmund, Marco Reus menyadari bagaimana mengecewakannya mereka belakangan ini. Karena itu, dalam wawancara dengan DAZN, ia meminta anggota skuat menunjukkan tanggung jawab. “Kita perlu bekerja sama lebih baik sebagai sebuah tim, menyerang bersama dan bertahan bersama,” ujarnya.

Favre sendiri mengakui penampilan timnya di pertandingan terakhir memang sangat buruk. Kebobolan tiga gol menurutnya sangat sulit diterima. Makanya, ia berharap timnya lebih baik di Camp Nou. “Kami membuat terlalu banyak kesalahan yang tidak perlu. Kami kurang agresif. Itu tidak boleh terus berlanjut,” tegas Favre di situs resmi klub.

Tapi, tanpa penyerang utama, Paco Alcacer yang kembali mengalami masalah lutut, tugas mereka di Barcelona jelas akan sangat berat. Favre dituntut membuat pilihan tepat di lini serang timnya yang membutuhkan gol. Selain itu, ia juga kembali membutuhkan ketajaman Achraf Hakimi yang kini jadi top skor dengan empat gol.

Lalu, bagaimana dengan Barca? Situasinya sebenarnya hampir sama. Meski saat ini memimpin La Liga, posisi pelatih Ernesto Valverde tidak pernah benar-benar aman. Kabar soal kemungkinan pergantiannya Desember nanti masih terus muncul. Dan itu bisa menjadi kenyataan kalau mereka tak mampu mengalahkan Dortmund.

Saat ini, Barca yang memimpin Grup F dengan poin delapan hanya unggul satu serta empat angka di atas Dortmund dan Inter Milan. Kalau mereka tidak bisa menang dan mengunci tiket fase knockout, Valverde akan dalam masalah besar. Itu karena laga terakhir harus mereka mainkan di markas Inter.

Jika Inter bisa mengalahkan Slavia Praha, laga hidup mati akan tersaji di Giuseppe Meazza pada matchday terakhir. Inilah yang membuat Valverde mengingatkan timnya bahwa pertandingan kontra Dortmund vital dan sangat berbeda. “Melawan Dortmund, ini tantangan yang sama sekali berbeda,” tegasnya di Sport.

Ousmane Dembele menambahkan, laga kontra Dortmund menjadi partai paling penting mereka musim ini. Karena itu, mereka harus bisa memenangkannya. “Jika kami mengalahkan Borussia, kami akan lolos. Artinya, ini adalah pertandingan paling penting musim ini sejauh ini,” ujar Dembele kepada Barca TV.

Jelang laga ini, Barca dihadapkan pada masalah pertahanan.  Selain Gerard Pique yang absen akibat akumulasi kartu kuning, Raksasa Catalan juga tidak bisa memainkan Nelson Semedo dan Jordi Alba akibat cedera. Untungnya, Clement Lenglet yang melewatkan pertandingan terakhir karena masalah betis dilaporkan sudah berlatih dan kemungkinan akan berduet dengan Samuel Umtiti di sektor bek tengah. (amr)

KAMUS LOLOS

BARCELONA

Kemenangan akan memastikan Barcelona sebagai juara grup F sekaligus lolos ke fase knockout.

Hasil imbang sudah bisa meloloskan Barcelona asalkan Inter Milan juga tidak mampu mengalahkan Slavia Praha.

Barcelona tetap lolos meski kalah sepanjang Inter Milan juga kalah di markas Slavia Praha.

BORUSSIA DORTMUND

Kemenangan akan memastikan Borussia Dortmund lolos ke babak 16 besar karena Barca dan Inter akan saling berhadapan di laga terakhir.

Imbang di Camp Nou sudah bisa jadi tiket Dortmund ke babak sistem gugur dengan syarat Inter Milan kalah.

Prakiraan Pemain

Barcelona (4-3-3): Stegen; Sergi, Umtiti, Lenglet, Firpo; De Jong, Busquest, Arthur;  Messi, Suarez, Griezmann

Pelatih: Ernesto Valverde

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Burki; Piszczek, Akanji, Hummels, Guerreiro; Witsel, Weigl; Hakimi, Brandt, Sancho; Reus

Pelatih: Lucien Favre

Head to head

17/09/19 Borussia Dortmund 0-0 Barcelona

11/03/98 Borussia Dortmund 1-1 Barcelona

08/01/98 Barcelona 2-0 Borussia Dortmund

Lima pertandingan terakhir Barcelona

23/11/19 Leganes 1-2 Barcelona

13/11/19 Cartagena 0-2 Barcelona

09/11/19 Barcelona 4-1 Celta Vigo

05/11/19 Barcelona 0-0 Slavia Praha

02/11/19 Levante 3-1 Barcelona

Lima pertandingan terakhir Borussia Dortmund

23/11/19 Borussia Dortmund 3-3 Paderborn

09/11/19 Bayern Munchen 4-0 Borussia Dortmund

05/11/19 Borussia Dortmund 3-2 Inter Milan

02/11/19 Borussia Dortmund 3-0 Wolfsburg

30/10/19 Borussia Dortmund 2-1 Borussia M’Gladbach

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...