Preview Valencia vs Chelsea: Ibarat Partai Final

0 Komentar

Valencia mempermalukan Chelsea di pertemuan pertama di London/Getty Images

FAJAR.CO.ID, VALENCIA—Chelsea akan melawat ke markas Valencia di matchday kelima Grup H. Melihat klasemen, pertandingan di Mestalla Stadium ini ibarat partai final bagi kedua klub yang membidik tiket fase knockout.

SAAT ini, Chelsea, Valencia, dan Ajax sama-sama mengoleksi poin tujuh. Dengan begitu, hasil ini akan menjadi penentu siapa yang akan lolos ke babak 16 besar. Khusus Chelsea, kemenangan dinihari nanti dipastikan akan mengantarkan mereka ke babak sistem gugur.

Itu karena satu-satunya cara Valencia mengejar Chelsea adalah dengan mengalahkan Ajax pada matchday terakhir. Dan jika The Blues kalah dari Lille, itu akan membuat ketiga tim bisa mengoleksi 10 poin. Dalam situasi itu, rekor head-to-head di antara ketiga tim akan berlaku dan Chelsea yang unggul atas Ajax dipastikan akan menjadi salah satu duta Grup H.

Makanya, Kapten Chelsea, Cesar Azpilicueta meminta rekannya bertarung habis-habisan di pertandingan ini sebagaimana layaknya partai puncak. “Kami memiliki peluang besar untuk menutup kualifikasi dengan lolos tahap berikutnya sehingga kami harus memperlakukan pertandingan ini seperti final,” kata Azpilicueta di situs resmi Chelsea.

Bagi Azpilicueta, ini akan menjadi pertandingan yang sangat berat. Pemain asal Spanyol itu berkaca pada hasil pertemuan pertama di Stamford Bridge. Dalam laga itu, Kelelawar Mestalla mampu mengalahkan The Blues dengan skor tipis 1-0.

“Kami tahu kami bermain melawan tim yang baik karena mereka mengalahkan kami di Stamford Bridge pada pertandingan pertama sehingga pola pikir kami adalah pergi ke sana dan mencoba untuk menang,” tegas sang kapten.

Chelsea datang ke Spanyol dengan modal kekalahan 1-2 di markas Manchester City. Tapi, Manajer Chelsea, Frank Lampard mengaku tidak khawatir. Menurut Lampard, pertandingan kontra City adalah pelajaran berharga bagi timnya yang sebelumnya memenangi enam laga beruntun di Premier League.

“Banyak pelajaran dari permainan ini. Sekarang ujian kami adalah: bisakah kita bangkit kembali dari kekalahan ketika kita terbiasa menang? Itu tantangan lain bagi kita semua,” ujar legenda Chelsea tersebut.

Lampard mengaku melihat isyarat bagus pasca kekalahan di Etihad. “Perasaan di ruang ganti, sepertinya mereka sangat kecewa. Saya suka melihat mereka kecewa, itu menunjukkan pertanyaan berikutnya adalah reaksi yang kita miliki. Saya yakin dengan pemain yang kami miliki,” tandasnya.

Callum Hudson-Odoi mungkin masih akan absen di pertandingan ini karena cedera hamstring. Sedangkan gelandang Ross Barkley yang absen selama lima minggu terakhir tetap akan menepi bersama Antonio Rudiger dan Ruben Loftus-Cheek. Selebihnya, semua pilar, termasuk bomber Tammy Abraham dan Jorginho dalam kondisi siap tempur.

Di sisi Valencia, mereka jelas akan berusaha memanfaatkan laga kandang ini. Sayangnya, seperti Chelsea, mereka juga kalah 1-2 dari Real Betis di pertandingan terakhir. Pelatih Valencia, Albert Celades pun mengakui itu membuat mereka sedikit kurang rileks.

“Kekalahan memiliki dampak negatif pada hari Rabu (Kamis Wita). Bagi kami, cara terbaik untuk sampai ke sana adalah dengan kemenangan, sekarang kita akan mencoba untuk mempersiapkan pertandingan penting itu,” kata Celades di Deporte Valenciano.

Tuan rumah masih tanpa Geoffrey Kondogbia, Cristiano Piccini, Gonçalo Guedes, serta Mouctar Diakhaby. Sementara Francis Coquelin, Denis Cheryshev, Rubén Sobrino, dan Ezequiel Garay masih akan dilihat kondisinya jelang pertandingan. (amr)     

Prakiraan Pemain

Valencia (4-4-2): Cillessen; Costa, Paulista, Mangala, Gayá; Torres, Parejo, Wass, Soler; Moreno, Gómez

Chelsea (4-3-3): Kepa; Azpilicueta, Zouma, Tomori, Alonso; Kante, Jorginho, Kovacic; Willian, Abraham, Pulisic

Head to head

17/09/19 Chelsea 0-1 Valencia
06/12/11 Chelsea 3-0 Valencia
28/09/11 Valencia 1-1 Chelsea
11/12/07 Chelsea 0-0 Valencia
03/10/07 Valencia 1-2 Chelsea

Lima pertandingan terakhir Valencia

23/11/19 Real Betis 2-1 Valencia
09/11/19 Valencia 2-0 Granada
05/11/19 Valencia 4-1 Lille
02/11/19 Espanyol 1-2 Valencia
30/10/19 Valencia 1-1 Sevilla

Lima pertandingan terakhir Chelsea

23/11/19 Manchester City 2-1 Chelsea
09/11/19 Chelsea 2-0 Crystal Palace
05/11/19 Chelsea 4-4 Ajax
02/11/19 Watford 1-2 Chelsea
30/10/19 Chelsea 1-2 Manchester United

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...