Atlet SEA Games Telantar, Duterte Murka

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MANILA – Presiden Filipina Rodrigo Duterte marah, begitu mengetahui banyak atlet SEA Games 2019, baik dari luar negeri maupun lokal, telantar karena permasalahan logistik.

Juru Bicara Kepresidenan Salvador Panelo mengatakan, Duterte yang tengah berada di Busan, Korea Selatan, untuk menghadiri KTT ASEAN-Korea, sudah mendapat laporan ini.

Duterte mendesak, penyelenggara untuk membuat rencana cadangan demi menghindari berlanjutnya ketidaknyamanan atlet asing dan Filipina.

“Tentu saja, Presiden tidak suka dengan apa yang terjadi. Presiden marah atas apa yang terjadi,” kata Panelo, dikutip dari Philippine Daily Inquirer, Rabu (27/11).

Panelo sebelumnya telah memarahi penyelenggara setelah mendapat laporan tim sepak bola Kamboja terpaksa tidur di lantai Hotel Century Park Manila. Mereka tiba 2 jam lebih awal dari waktu check in yang disepakati yakni Sabtu (23/11) pukul 14.00 waktu setempat.

“Jika para atlet tiba lebih awal, lalu mengapa tidak membawa ke hotel lain untuk sementara waktu? Mengapa Anda menunggu waktu check-in pukul 14.00 dan membuat mereka tidur di mana saja,” kata Panelo.

Lebih lanjut dia mendukung seruan digelarnya penyelidikan terhadap penyelenggaraan SEA Games setelah ajang ini berakhir. Menurut dia, perlu ada sanksi kepada mereka yang terbukti bertanggung jawab atas kekacauan ini.

Senator yang juga petinju profesional Manny Pacquiao mendukung penyelidikan tersebut. Namun pria yang akan membawa obor saat pembukaan SEA Games pada Sabtu mendatang, meminta masalah yang berkaitan dengan fasilitas SEA Games didiskusikan setelah acara berlangsung agar tidak mengganggu para atlet.

Isu logistik, terutama soal akomodasi dan transportasi, terus mengganggu penyelenggaraan SEA Games, meskipun acara belum dimulai. Para atlet berdatangan sejak pekan lalu sebagai persiapan bahkan ada cabang olahraga yang dimulai.

Banyak atlet asing yang mengeluh karena belum mendapat hotel, salah hotel, tak mendapat layanan bus, serta masalah lainnya, termasuk makanan. Bahkan tim atlet Filipina mengeluh kurangnya makanan bergizi untuk mereka hingga isu ini menjadi viral. (fin)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...