Indonesia Kalahkan Singapura, Pemain PSM Cetak Gol

0 Komentar

Pemain Indonesia merayakan gol di ajang SEA Games 2019/Kha Hoa/The Thao

FAJAR.CO.ID, MANILA—Tim nasional Indonesia U-23 memenangi laga keduanya di Grup B cabang olahraga sepak bola SEA Games 2019. Menghadapi Singapura di Stadion Rizal Memoriam, malam ini, Indonesia menang 2-0. Gol dicetak Osvaldo Haay dan Asnawi Mangkualam Bahar di babak kedua.

Indonesia selanjutnya akan menghadapi Vietnam di pertandingan ketiga Grup B. Laga ini akan digelar Minggu, 1 Desember pukul 20.00 Wita. Pertandingan ini akan menjadi perebutan puncak klasemen grup.

Jalannya Pertandingan

Pada laga yang berlangsung Kamis, 28 November malam, kedua negara langsung saling serang sejak awal. Singapura mendapat peluang terbaik pertama di menit ke-11 ketika mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti.

Lionel Tan yang maju sebagai algojo melepaskan tembakan ke sudut kanan gawang. Beruntung kiper Tim Garuda, Nadeo Arga Winata mampu menepis bola dan hanya melahirkan sepak pojok.

Indonesia kehilangan penyerangnya, Muhammad Rafli di menit ke-30. Penyerang Arema itu mengalami cedera dan harus digantikan oleh Osvaldo Haay yang mencetak satu gol ke gawang Thailand.

Peluang terbaik didapatkan Indonesia di menit ke-45. Egy Maulana Vikri mengirim umpan terukur ke depan kotak penalti. Firza Andika yang mengontrol bola di kotak penalti dijatuhkan Irfan Fandi. Namun, wasit Majid Muhammad asal Arab Saudi tak menganggap itu pelanggaran meski tampak jelas Irfan menjatuhkan Firza. Skor 0-0 pun menutup paruh pertama.

Kembali dari ruang ganti, Singapura mengambil inisiatif serangan sejak awal. Mereka mendapat dua sepak pojok di lima menit pertama. Tapi, tidak ada ancaman berarti untuk gawang Indonesia yang sudah menarik Firza di awal babak kedua akibat cedera. Firza digantikan Dodi Alekvan Djin.

Indonesia harusnya bisa memimpin di menit ke-52 saat Egy mendapat umpan matang dari Saddil Ramdani. Egy sudah berhasil mengecoh dua bek dan berhadapan dengan kiper. Sayang, meski sudah di depan gawang, tendangan Egy sangat lemah sehingga bisa ditepis kiper Singapura, Zharfan Rohaizad.

Saddil mendapat giliran mengancam gawang Singapura di menit ke-55. Namun, tendangan keras kaki kiri Saddil bisa diblok pemain Singapura dan hanya menghasilkan sepak pojok di sisi kiri.

Setelah sejumlah peluang, Indonesia akhirnya bisa memimpin di menit ke-65. Menerima umpan jauh, Osvaldo dengan kecepatannya berhasil mengalahkan Irfan dalam duel. Berhadapan dengan kiper, Osvaldo hanya melepaskan tembakan ke arah sela-sela kaki kiper yang menerobos masuk ke dalam gawang. Skor 1-0.

Stadion Stadion Rizal Memoriam kembali bergemuruh di menit ke-75. Menerima bola dari Osvaldo, Asnawi Mangkualam Bahar yang naik membantu serangan sukses mencatatkan namanya di papan skor lewat tendangan kaki kanan. Skor 2-0.

Asnawi lagi-lagi membuat dag dig dug pendukung Singapuran di menit ke-78. Akselerasinya di sektor kanan sukses mencapai kotak penalti. Pemain serba bisa PSM itu kemudian melepaskan tendangan keras kaki kanan yang menghantam mistar gawang.

Di 10 menit akhir, Singapura bermain lebih terbuka. Pada menit ke-81, sundulan Irfan nyaris menjebol gawang Nadeo. Namun bola hanya membentur mistar. Sempat terjadi kemelut di mulut gawang, namun bisa diantisipasi pemain Indonesia.

Pada menit ke-85, Irfan kembali mengancam. Namun sundulannya menyambut umpan silang terlalu lemah sehingga dengan mudah bisa ditangkap Nadeo. Tidak ada lagi gol tercipta dan Indonesia menang 2-0. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...