Kominfo Soppeng Sosialisasi Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SIDRAP– Kadis Kominfo Kabupaten Soppeng Sarianto membuka sosialisasi pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik, di ruang Pola Kantor Bupati Soppeng, Jalan Salotungo Watansoppeng, Kamis, 28 Nopember 2019.

Saat memberikan arahan, Sarianto mengungkapkan bahwa saat ini, kemajuan teknologi komunikasi berbasis teknologi internet dan digitalisasi membuat situasi dalam masyarakat sangat terbuka sepenuhnya, sehingga hampir tidak ada ruang privasi dan rahasia.

Dikutip dari sebuah sumber, seorang tokoh dunia John Locke (1632-1704), ahli filsafat, pendiri politik liberal, mengatakan bahwa: “Hukum berpendapat, memberi opini, merupakan faktor reputasi tertinggi bagi sesuatu isu atau kejadian akan pembentukan opini bagi masyarakat yang menjadi kekuatan mempengaruhi, termasuk memberi acuan salah atas tindakan dan kelaukan norma-norma sosial,” katanya.

Hal itu senada dengan untaian kata bijak dari Prahalad, dia mengatakan (“If you don’t change you die”) – kalau tidak berubah kita akan mati oleh maksudnya tergilas zaman.

“Kita harus berpacu dengan waktu, informasi sekarang ini tersebar hanya waktu sekian detik maka sebagai seorang informan harus lebih cepat lagi mengetahui pengetahuan informasi,” tandasnya.

Apalagi saat ini, setiap kejadian dalam masyarakat lebih cepat diketahui khalayak ramai dibanding sebagai birokrat. Itu menandakan masyarakat sudah lebih maju dan smart.

Luasnya wilayah kerja dan ruang lingkup pelayanan publik menuntut peran masyarakat dalam memberikan masukan ataupun informasi kepada pemerintah daerah agar kinerja pembangunan dapat lebih optimal.

Oleh karena itu, lanjut Sarianto media untuk menyalurkan aspirasi publik tersebut perlu tersedia, di sisi lain penanganan atas aspirasi publik tersebut perlu dikelola secara baik dan menjawab kebutuhan publik.

Jangan sampai kecepatan informasi yang mempunyai segudang manfaat ini malah disalahgunakan untuk aktivitas tidak bertanggung jawab, yang menyebabkan banyak dampak yang ditimbulkan terutama seperti informasi hoaks yang bisa memecah belah banyak pihak, dan tentunya bisa merugikan banyak orang yang terkena banyak dampak terhadap hal ini.

Turut hadir A. Faisal AM (penaggungjawab pengelolah layanan aplikasi SP4N lapor dan Baruga Aspirasi Masyarakat Sulsel Dinas Kominfo Propinsi sulawesi Selatan, aparat desa dan kelurahan, kelompok Informasi Masyarakat se-Kabupaten Soppeng. (fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...