Libur Natal dan Tahun Baru, Maskapai Tambah Jadwal Penerbangan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Sejumlah langkah disiapkan maskapai penerbangan jelang momen liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru). Mulai dari pengoperasian armada wide body sampai penambahan jumlah penerbangan (extra flight).

Lion Air misalnya. Kenaikan jumlah penumpang diperkirakan mencapai 20 persen dari hari-hari biasa. Untuk mengantisipasi kondisi peak season tersebut, Lion Air group bakal mengoperasikan pesawat Airbus 330-900NEO, Boeing 737-800NG, hingga Boeing 737-900ER.

Meski permintaan bakal melonjak, Corporate Communications Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro menegaskan, pihaknya tidak akan mengenyampingkan standar operasional dengan mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan. ”Kami akan patuh,” ujarnya di Jakarta, Rabu (27/11).

Terkait penambahan extra flight, Danang mengaku masih akan menganalisis pasar untuk rute terbaik yang memiliki permintaan tinggi. Secara tradisional rute yang diproyeksikan meningkat permintaan pada saat Nataru itu seperi Jakarta ke Medan, Jakarta ke Kupang, Jakarta ke Manado, Jakarta ke Denpasar, Jakarta ke Makassar, Jakarta ke Ambon, Jakarta ke Singapura, Surabaya ke Makassar, Surabaya ke Manado.

”Penambahan frekuensi penerbangan akan Lion Air Group lakukan jika permintaan melalui reservasi meningkat,” paparnya.

Maskapai nasional Garuda Indonesia terus memperkuat layanan operasionalnya untuk menghadapi periode peak season Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 sejalan dengan proyeksi lonjakan penumpang yang diperkirakan akan berlangsung dari tanggal 20 Desember 2019-6 Januari 2020.

Sementara itu, Garuda Indonesia telah menyiapkan sedikitnya 2.495 kursi tambahan (extra seat) untuk mengantisipasi peak season nanti. Penambahan ini dilakukan melalui pengoperasian armada dengan kapasitas yang lebih besar (bigger aircraft) maupun melalui penambahan jadwal penerbangan (extra flight).

”Garuda Indonesia akan terus memonitor permintaan pasar dan menyesuaikan penambahan kapasitas penerbangan tersebut dengan permintaan pasar,” ungkapnya Direktur Niaga Garuda Indonesia Pikri Ilham Kurniansyah.

Penambahan kapasitas ini, lanjut dia, bakal dilakukan di sejumlah destinasi domestik favorit seperti Denpasar, Surabaya, Manado, Makassar dan destinasi lainnya. Penambahan kapasitas tersebut dilaksanakan dengan mengoperasikan armada wide body untuk memaksimalkan jumlah penumpang yang dapat diangkut. (jpg/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...