Preview Indonesia U-23 vs Singapura U-23: Jaga Tradisi Bagus Tim Garuda

0 Komentar

Latihan Timnas Indonesia / PSSI.org

FAJAR.CO.ID, MANILA—Tim nasional Indonesia U-23 akan melakoni laga kedua Grup B cabang olahraga sepak bola SEA Games 2019 menghadapi Singapura di Stadion Rizal Memoriam, malam ini. Tradisi bagus akan coba dipertahankan Tim Garuda di laga ini.

Pada tiga pertemuan terakhir, Indonesia U-23 memang selalu bisa mengalahkan Singapura. Di duel terakhir di ajang uji coba 21 Maret 2018 silam, Indonesia menang 3-0. Sebelumnya, di SEA Games 2015 serta 2011, Tim Garuda juga menang dengan skor 1-0 dan 2-0.

Untuk laga ini sendiri, Pelatih Indonesia, Indra Sjafri memberi isyarat rotasi. Satu nama yang dipertimbangkan diistirahatkan Indra adalah sang kapten, Andy Setyo Nugroho. Pemain PS TIRA-Persikabo berusia 22 tahun itu pada laga kontra Thailand mendapat kartu kuning. Jika kembali mendapat kartu di laga hari ini, ia akan absen di laga penting versus Vietnam.

“Andy Setyo kartu kuning saat menghadapi Thailand. Apakah akan main besok atau lawan Vietnam, kita akan lihat. Karena kalau mendapat kartu kuning melawan Singapura, ia tidak akan bermain menghadapi Vietnam,” kata Indra dalam wawancara di TVOne, Rabu petang kemarin.

Kalau bek kelahiran 16 September 1997 itu benar-benar diparkir, pemain asal Makassar, Nurhidayat Haji Haris berpeluang menjadi starter. Pilihan lainnya adalah Rachmat Irianto yang saat Indonesia mengalahkan Thailand diturunkan sebagai gelandang bertahan.

Di luar Andy Setyo, Indra tidak berani berjudi. Alasannya, laga kontra Singapura juga sangat penting. Makanya, pilar seperti Asnawi Mangkualam Bahar, Bagas Adi Nugroho, Firza Andika, Zulfiandi, Syahrian Abimanyu, Evan Dimas Darmono, Saddil Ramdani, hingga Egy Maulana Vikri diyakini akan tetap turun sejak menit awal.

“Laga melawan Singapura nilainya sama dan bahkan lebih penting dibanding laga pertama melawan Thailand. Untuk mengamankan tiket ke semifinal, kita harus menjaga tren kemenangan. Karena itu, pemain harus cepat siap dan fokus ke pertandingan ini,” tegas Indra di PSSI.org.

Kemarin, Indonesia hanya fokus melakukan recovery pemain yang sudah bermain. Dan Indra bersyukur bahwa tidak ada pemain yang cedera serius. Ia mengklaim semuanya siap dimainkan termasuk Egy yang ditarik keluar di paruh kedua.

“Egy kemarin saya ganti jelang babak kedua karena kena sikut dan agak mengeluh sakit. Alhamdulillah sekarang sudah pulih dan siap tampil lagi. Demikian juga dengan yang lain,” jelasnya.

Terkait strategi, Indra menegaskan sudah punya rencana. Hanya saja dengan interval waktu pertandingan yang hanya sehari, ia tidak bisa melakukan simulasi untuk game plan. “Kita sudah siapkan alternatif taktik, dan game plan kita. Dan pemain saya pikir cukup paham,” tandasnya.

Osvaldo Haay yang mencetak satu dari dua gol Indonesia di laga perdana mengaku sangat antusias kembali tampil dan mencetak gol. “Tentu kami senang bisa menang atas Thailand. Tapi, tak perlu lama bergembira karena kita akan bermain lagi dan harus menang,” ujar pemain Persebaya Surabaya tersebut.

Firza sementara itu mengingatkan rekan-rekannya untuk tetap menghormati Singapura yang imbang 0-0 kontra Laos di laga pertama. Menurut pemain PSM itu, mereka harus fokus. “Kita harus fokus ke depan, jangan sombong, jaga stamina,” tegas Firza.

Di kubu Singapura, pelatih Fandi Ahmad mengakui pertandingan kontra Indonesia akan sangat sulit. “Kami melihat Indonesia mengalahkan (juara) Thailand 2-0 sebelumnya, dan itu adalah grup yang sangat sulit,” katanya di Straits Times.

Makanya, Fandi yang diprediksi masih akan bermain dengan formasi 4-2-3-1 dengan Faris Ramli, Hami Syahin dan Zulqarnaen Suzliman mendukung bomber Ikhsan Fandi menekankan anak asuhnya harus fokus. Hasil buruk di laga perdana menurutnya mesti mereka lupakan.

“Pemain harus melihat ke depan, mereka tidak bisa tinggal diam. Indonesia adalah lawan yang berbahaya tetapi kami akan menganalisis kekuatan dan kelemahan mereka, yang akan coba kami manfaatkan. Mudah-mudahan, semua orang akan bermain baik dari menit pertama pertandingan berikutnya,” ujarnya. (amr)

Prakiraan Pemain

Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Arga Winata; Asnawi Mangkualam Bahar, Bagas Adi Nugroho, Nurhidayat Haji Haris, Firza Andika; Zulfiandi, Syahrian Abimanyu; Evan Dimas Darmono, Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri; Muhammad Rafli.

Singapura (4-2-3-1): Zharfan Rohaizad; Lionel Tan, Syahrul Sazali, Irfan Fandi, Tajeli Salamat; Jacob Mahler, Shah Shahiran; Faris Ramli, Hami Syahin, Zulqarnaen Suzliman; Ikhsan Fandi

Klasemen sementara Grup B

Vietnam          1          1          0          0          6-0       3

Indonesia        1          1          0          0          2-0       3

Laos                1          0          1          0          0-0       1

Singapura        1          0          1          0          0-0       1

Thailand          1          0          0          1          0-2       0

Brunai             1          0          0          1          0-6       0

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...