Warga Papua Diminta Tak Terprovokasi Jelang HUT OPM


FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Warga Papua diminta tak terprovokasi isu-isu yang muncul jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember. Masyarakat diminta untuk tetap melakukan kegiatan seperti biasa.

Anggota Komisi I DPR Yan Permenas Mandenas mengatakan masyarakat diharapkan tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang berkembang jelang 1 Desember 2019.

“Karena 1 Desember jatuh di hari Minggu yang merupakan hari ibadah sehingga masyarakat harus pergi beribadah mempersiapkan diri di tanggal pertama bulan Desember, untuk memasuki persiapan perayaan hari besar Natal dan Tahun Baru sehingga jangan lagi ada aksi-aksi. Lakukan kegiatan seperti biasa,” katanya.

Menurutnya, hal tersebut dilakukan agar kasus kerusuhan tak terulang.

“Boleh beraspirasi tapi sampaikan dalam bentuk dialog atau disampaikan dengan cara-cara yang baik, jangan sampai bertentangan dengan penegakan hukum karena akan ditindak secara hukum. Sebaiknya semua mengedepankan dialog untuk menyelesaikannya,” ujarnya.

Selain itu, dia juga meminta tindakan aparat keamanan harus persuasif menghadapi situasi menjelang 1 Desember 2019 ini.

“Pendekatan intelijen harus menggunakan penggalangan di setiap basis yang dianggap rawan di mana intensitas dari peran intelijen harus lebih aktif dari sebelumnya karena rusuhnya Papua belum lama ini karena lemahnya peran ini,” katanya.

Sementara Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Polri Kombes Asep Adi Saputra mengatakan Polri melarang masyarakat Papua melakukan perayaan jelang HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM), 1 Desember.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR