Bertarung di Pilkalem, Pasutri di Tana Toraja Ini Duduk bagaikan Pengantin Baru

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKALE — Kisah menarik pada kegiatan pemilihan kepala lembang (pilkalem/kepala desa) serentak Tana Toraja, Jumat, 29 November.

Di lembang Limbong Sangpolo, Kecamatan Kurra, pasangan suami istri, Marthen Tangke Payung dan Paulina berhadap-hadapan untuk merebut jabatan kepala lembang atau sebutan desa di Tana Toraja.

Keduanya pun manfaatkan momen tersebut untuk menunjukkan hubungan cintanya . Berdua seperti pengantin, mengenakan pakaian adat perkawinan saat pemungutan suara.

Tak hanya itu, di Lembang Uluwai Timur Mengkendek, pertarungan perebutan kepala kembang (Kalem) “seranjang” juga berlangsung. Yulianus Parassa ditantang istrinya Yuliana Paembonan.

“Inilah demokrasi, masyarakat perlu dewasa dalam berdemokrasi, dalam proses pencalonan tidak satu pihak yang mempersoalkan, kita serius saja bertarung sekalipun kita ini serumah sepiring dan seranjang, ” ujar Yulius.

Hari ini Jumat 29 November, ada 54 lembang di Tana Toraja menggelar pilkalem tang tersebar pada 19 kecamatan. (Frederich Suselisu)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...