Preview Newcastle vs Man City: Beban Berat Bomber

Kevin de Bryune berlatih bersama Manchester City/Getty Images

FAJAR.CO.ID, NEWCASTLE—Manchester City ingin memangkas jarak poin dengan Liverpool saat mengunjungi Newcastle United di pekan ke-14 Premier League. Bukan misi mudah mengingat performa mereka cenderung menurun November ini.

Sejak awal bulan, The Citizens hanya mampu meraih dua kemenangan dari lima pertandingan di semua kompetisi. Dua laga lainnya berakhir imbang. Sementara pada duel besar kontra Liverpool, anak asuh Pep Guardiola takluk 1-3.

Menurunnya daya ledak penyerang menjadi masalah utama sang juara bertahan. Sepanjang November ini, Manchester Biru hanya mampu mencetak tujuh gol. Dibandingkan lima laga sebelumnya, tren penurunan ketajaman terlihat sangat jelas.

Pada lima pertandingan sebelumnya, Raheem Sterling dan kawan-kawan total melesakkan 15 gol. Sedangkan dalam lima laga lainnya sebelum itu, City yang musim ini memburu hattrick juara mencetak 19 gol.

Karena itu, laga di St James Park, Sabtu, 30 November malam nanti akan menjadi ujian bagi barisan penyerang City. Apalagi, top skor mereka, Sergio Aguero dipastikan tidak bisa bermain karena cedera saat menghadapi Chelsea, pekan lalu.

Sterling sepertinya masih akan menjadi tumpuan utama lini serang City. Saat ini, penyerang Inggris itu sudah melesakkan tujuh gol di Premier League dan tidak punya masalah kebugaran jelang pertandingan.

Selain Sterling, Pep juga akan berharap banyak pada Gabriel Jesus. Penyerang muda tim nasional Brasil itu hampir dipastikan akan bermain sejak menit awal untuk menggantikan Aguero.

Harapan lainnya adalah Riyad Mahrez. Winger Aljazair itu terlibat langsung dalam 10 gol dalam 11 pertandingan sebagai starter City di semua kompetisi musim ini. Ia mencetak empat gol dan menyumbang enam assist.

Gol-gol para bomber memang sangat diharapkan Pep. Pasalnya, sejak bek utama, Aymeric Laporte mengalami cedera, mereka tampak keropos. Dalam lima laga terakhir, gawang City yang dijaga bergantian oleh Ederson Moraes dan Claudio Bravo jebol tujuh kali.

Untungnya, untuk laga nanti, Nicolas Otamendi dikabarkan sudah membaik sehingga Pep tidak lagi harus memainkan Fernandinho sebagai bek tengah. Bek Argentina itu kemungkinan akan mendampingi John Stones.

Pep sendiri menegaskan bahwa mereka kini harus lebih serius mengejar poin di Premier League. Itu setelah tengah pekan lalu mereka berhasil mengunci tiket babak 16 besar Liga Champions. “Sudah waktunya untuk fokus pada Premier League,” tegasnya di Daily Mail.

Tuan rumah sementara itu cukup otpmis bisa memberi masalah pada City seperti saat menang 2-1 musim lalu. Setelah tidak terkalahkan dalam lima pertandingan kandang terakhir dan hanya kebobolan empat gol, The Magpies percaya punya peluang mengejutkan The Citizens.

“Saya pikir kami mampu mengalahkan tim papan atas lainnya, jadi mengapa tidak mencoba melakukan hal yang sama (melawan Manchester City). Jika ada yang perlu melakukan sesuatu yang ekstra, maka lakukan. Mereka akan menjadi lawan yang tangguh, tetapi Anda tidak pernah tahu,” kata kiper Martin Dubravka kepada NUFC TV.

Pelatih Steve Bruce kembali bisa mengandalkan Fabian Schar di sektor pertahanan pasca absen enam minggu. Sean Longstaff yang sudah menyelesaikan skorsing tiga laga juga sudah bisa bermain. Dengan begitu, Bruce hanya akan kehilangan Matt Ritchie. (amr)

Prakiraan Pemain

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...