Libatkan Akademisi Unhas, Dewan TIK Kota Parepare Gelar Rapat Perdana

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, PAREPARE –Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kota Parepare menggelar rapat koordinasi keanggotan dan program kerja, di kafe 99, Jumat 29 November 2019. Ini adalah rapat perdana sejak dibentuk tahun 2016 lalu.

Rapat ini dipimpin langsung Kepala Dinas Komunikasi, Informatika Kota Parepare, HM Iskandar Nusu, dan dihadiri anggota Dewan TIK, terdiri dari praktisi, akademisi, perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Pemerintah Kota Parepare.

Salah satunya adalah Dr. Eng. Armin Lawi, akademisi Unhas dan Irwan Ibrahim, BS, MIT, PMP yang merupakan praktisi dan konsultan IT beberapa perusahaan internasional. Keduanya adalah putra Parepare yang sukses di bidangnya masing-masing.

Dalam sambutannya, Iskandar Nusu berharap, keberadaan Dewan TIK Kota Parepare dapat mengoptimalkan upaya percepataan implementasi visi Pemerintah Kota Parepare, khususnya kebijakan digitalisasi layanan pemerintahan pada semua sektor.

“Sebagaimana kita ketahui, salah satu visi Bapak Walikota adalah mewujudkan kota ini sebagai smart city. Harapannya, Dewan TIK Kota Parepare menjadi katalisator percepatan perwujudan visi tersebut,” kata Iskandar.

Sesuai Surat Keputusan Walikota Parepare, Dewan TIK tambah Iskandar adalah perwakilan masyarakat yang memiliki tugas memberikan masukan, tinjauan dan asistensi terhadap program pengembangkan TIK di Kota Parepare.

“Membangun Smart City pada intinya adalah apa yang diinginkan masyarakat agar mereka dapat lebih mudah, lebih efisien, dan lebih simpel dalam mendapatkan layanan, mudah dalam berinterakasi dengan pemerintahnya dan sesama masyarakat. Begitu pula pemerintah daerah,” papar Iskandar.

Jalannya diskusi dipandu Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo, La Ode Arwah Rahman. Pada kesempatan ini, masing – masing anggota Dewan TIK memaparkan hasil kajiannya berdasarkan analisa kondisi TIK Kota Parepare terkini.

“Kajian ini nantinya akan disatukan dan menjadi rekomendasi bagi pengembangan TIK Kota Parepare kedepan, baik pada tingkat kota dalam hal ini Dinas Kominfo selaku leading sector yang menangani TIK Kota Parepare, maupun dalam penyusunan program / kegiatan TIK di tingkat SKPD/OPD,” kata La Ode.

Selain unsur praktisi dan akademisi Unhas, acara ini juga dihadiri Firdaus Mansyur dari Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi Makassar Kementerian Kominfo, dan Ketua Prodi Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Parepare, Nurhaki yang banyak mengupas dari efektivitas layanan.

Sementara dari Pemerintah Kota Parepare, hadir Kepala Bidang Pengembangan E-Government, Haryanto Chairun dan Kepala Seksi Infrastruktur TIk Dinas Kominfo, Joko Setioso. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...