Ingin Bubarkan PD RPH, Ini Alasan Pemkot Makassar

0 Komentar

Kepala Bagian (Kabag) Hukum dan HAM, Umar (pertama kiri) saat mengikuti rapat terkait usulan pembentukan Perda di DPRD Makassar, Senin, 2 Desember. (Muhclis Abduh/FAJAR)

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– PD. Rumah Potong Hewan (RPH) menjadi salah satu perusahaan daerah yang diusulkan untuk segera dibubarkan. Bahkan Pemkot sudah memasukkan usulan agar pembubaraannya segera dibuatkan perda.

Kepala Bagian (Kabag) Hukum dan HAM, Umar menyampaikan, ada beberapa alasan kuat yang menjadi penguat Pemkot Makassar sampai pada kesimpulan pembubaran.

Umar menjelaskan misalnya saja dari sisi deviden yang tersetorkan, itu tidak pernah maksimal bahkan nihil dalam beberapa tahun terakhir.

Selanjutnya, PD. RPH tidak mampu untuk menanggulangi maraknya pemotongan hewan di luar RPH dan masuknya daging potong dari luar Makassar. Selain itu PD. RPH juga tidak mampu memenuhi syarat untuk mendapatkan sertikasi halal.

”Jadi ada banyak alasan yang sangat kuat untuk membubarkan RPH. Jika tidak dibubarkan maka Pemkot Makassar akan selalu tersandera terus,” tegasnya saat mengikuti rapat di DPRD Makassar, Senin, 2 Desember.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Makassar, Erick Horas menyatakan terkait usulan pembubaran PD. RPH belum final. Akan ada pembahasan lebih lanjut untuk usulan tersebut.

”Memang mau dibubarkan tapi kami minta ada kajian dulu. Inikan usulan perda yang masuk di 2020, jadi masih ada waktu sebelum disetuji dimasukkan untuk pembahasan,” tegasnya. (abd)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...