Lies F Nurdin Paparkan Program Pengurangan Angka Stunting di Sulsel

0 Komentar

Lies F Nurdin Paparkan Program Pengurangan Angka Stunting di Sulsel

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan kegiatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) dan Rakorda TP PKK Prov. Sulsel Tahun 2019 di Ballroom Lilly, Four Points by Sheraton pada Senin, 2 Desember 2019.

Gubernur sekaligus Pembina TP PKK Provinsi Sulsel, Nurdin Abdullah membuka secara resmi kegiatan yang dikuti oleh Tim PKK Kabupaten/Kota se- Sulawesi Selatan. Dalam kesempatan ini, Ketua TP PKK Sulsel, Lies F Nurdin memaparkan 10 program prioritas yang menjadi fokus utama PKK Sulsel selama satu tahun ke depan.

“Pada Rakorda PKK kali ini, kami mengambil tema pencegahan stunting melalui sepuluh program PKK. Hal ini sangat penting dan sesuai dengan program pemerintah pusat yang mengimbau untuk entaskan stunting di Indonesia,” jelas Lies F. Nurdin selaku Ketua TP PKK Prov. Sulsel.

Berkenaan dengan hal tersebut, Lies mengatakan, PKK Sulsel telah siap dengan program-program untuk pengurangan angka stunting di Sulawesi Selatan melalui program bantuan keuangan sebesar 100 juta rupiah untuk masing-masing Kabupaten / Kota, program pembinaan usia nikah dan edukasi gizi ibu hamil, pemberian susu berkualitas untuk para ibu hamil yang memeriksakan diri ke puskesmas dan tambahan makanan yang bergizi untuk anak-anak PAUD di sulsel.

Selain kegiatan prioritas terkait stunting, Lies menambahkan, masih ada beberapa isu lainnya yang harus menjadi perhatian sejumlah pihak terkait. Di antaranya adalah program yang berkaitan dengan lansia (Sayang Lansia), SIM PKK, penyediaan taman bermain anak, perpustakaan lorong dan upaya peningkatan pendapatan keluarga.

“Saya mengapresiasi seluruh TP PKK Kabupaten/ Kota atas kontribusinya selama ini. Diharapkan melalui HKG dan Rakorda ini kita dapat mengevaluasi program yang sudah dilaksanakan selama setahun dan apa-apa saja yang akan dilakukan di tahun mendatang,” imbuh Lies.

Seluruh program yang dimiliki PKK diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas keluarga dan masyarakat umum yang merupakan tugas utama PKK.

Sementara, Gubernur Nurdin Abdullah dalam sambutannya mengapresiasi program kegiatan yang telah dilaksanakan oleh TP PKK Slsel selama satu tahun bekerja.

“Ada banyak program kegiatan yang dilaksanakan dalam setahun, bisa kita lihat dan rasakan hasilnya, PKK Sulsel sangat cepat tanggap dengan turun langsung ke masyarakat berdiskusi dan berusaha mencari solusi,” sebut Gubernur Nurdin.

Khusus untuk program mengentaskan persoalan stunting di Sulsel, Nurdin melanjutkan, kondisi ini berkaitan erat dengan tingkat kesejahteraan masyarakat secara umum. Namun, Nurdin melihat ada upaya dan kerja luar biasa dari TP PKK Provinsi Sulsel untuk membantu menurunkan tingginya angka stunting di Sulsel.

“Persoalan stunting ini tidak berdiri sendiri, tetapi berkaitan erat dengan peroslan kemiskinan, mengentaskan kemiskinan bukan kerjaan ringan, tetapi saya melihat PKK Sulsel sangat luar biasa mem-backup dan mensupport program pemerintah,” sebut Nurdin Abdullah.

“Kolaborasi PKK Sulsel dengan Pemprov dalam mendukung program prioritas sangat luar biasa, khususnya dalam hal pencegahn stunting di Sulsel,” pungkasnya.(*)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...