Pengamat Undip: Komitmen dan Konsistensi DPRD Jateng Wajib Dipertahankan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Pengamat politik Universitas Diponegoro (Undip) Semarang M Yulianto mengatakan bahwa komitmen dan konsistensi DPRD Jawa Tengah untuk menjaga kedisiplinan dan integritas wajib dipertahankan sampai lima tahun masa jabatan.

“Sampai lima tahun, Dewan harus menjaga komitmen tersebut. Dengan demikian marwah kedewanan akan terus terjaga,” katanya.

Hal tersebut diungkapkannya saat menjadi narasumber dalam diskusi Prime Topic MNC Trijaya FM bertema “Menjaga Marwah DPRD” di Hotel Gets Semarang, Senin (2/12).

Publik, lanjut Yulianto, banyak menyorot institusi DPRD. Mulai dari ketidakhadiran secara personal, hadir namun tidak pernah bersuara, jarang memberikan pernyataan kepada publik. Kesemua itu publik sudah tidak puas dengan kinerja dewan baik institusi maupun personal.

“Karena itu terpenting yang harus dibangun adalah integritas. Buktikan dengan kinerja, setiap periodik membuat laporan kepada publik, nanti kepercayaan publik pada Dewan bisa tumbuh,” terangnya.

Sementara itu Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Jawa Tengah, Bambang Haryanto menyatakan masalah kedisiplinan masuk dalam poin dalam peraturan tata tertib.

Bahkan turut serta pihak luar dalam hal ini fraksi untuk turut menjaga kedisiplinan dewan. Pada rapat paripurna pun bila enam kali berturut turut tidak hadir dapat diumumkan. “Absensi harus hadir secara fisik, bukan secara tanda tangan kehadiran semata,” ujarnya. (Sen)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...