PLN UIP Sulbagsel Salurkan Bantuan ke UMKM

0 Komentar

Senior Manager Pertanahan Dan Komunikasi PLN UIP Sulbagsel, Andi Rosdian memberikan pemaparan dalam penyaluran bantuan CSR kepada UMKM di Kantor PLN UIP Sulbagsel, Senin (2/12). (FOTO : abadi tamrin / FAJAR)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — PLN Unit Induk Pembangunan Sulawesi Bagian Selatan (UIP Sulbagsel), kembali menyalurkan bantuan CSR kepada UMKM. Kali ini giliran UMKM dari Bumdes Rompegading, Kecamatan Liliraja, Kabupaten Soppeng, Senin (2/12).

Senior Manager Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP Sulbagsel, Andi Rosdian mengatakan, ini menjadi satu dari 11 program CSR PLN UIP Sulbagsel tahun ini. Bantuan berupa sertifikasi halal.

“Total bantuannya Rp135 juta untuk peralatan, pelatihan, dan sertifikasinya,” kata Rosdian di kantor PLN UIP Sulbagsel, Senin (2/12).

Program CSR ini dapat tersalur berkat kolaborasi bersama Dinas Koperasi UMKM Sulsel dan LPOM MUI Sulsel

“Penyerahan sertifikasi halal ini diberikan kepada sembilan UMKM dari Bumdes Rompegading, Kabupaten Soppeng,” tambahnya.

Ini adalah program CSR terakhir PLN UIP Sulbagsel tahun ini. Makanya anggaran untuk tahun 2020, PLN UIP Sulbagsel bersama Dinas Koperasi dan UMKM tengah menggodok program yang melibatkan lebih banyak UMKM di Sulsel, Sultra, maupun di Sulbar.

“Bantuan terhadap UMKM merupakan salah satu fokus dari CSR PLN Peduli. Hal tersebut didasari bantuan terhadap UMKM akan lebih berkelanjutan manfaatnya bagi masyarakat karena dapat menggerakan roda ekonomi,” terangnya.

Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Azis Bennu menambahkan, pihaknya mengapresiasi upaya PLN, sebab pihakya memang tengah mendorong untuk pengembangan UMKM ke depan. Utamanya berdaya saing di era 4.0 saat ini.

“Sertifikasi halal dan standarisasi produk ini sangat penting untuk meyakinkan pasar dengan produk yang dijual,” imbuhnya.

Di Sulsel tercatat ada 932 ribu UMKM di Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel. Namun memang baru sebagian kecil yang tersentuh bantuan dari pemerintah. (tam/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...