Respons Jokowi Soal Aspirasi Pemekaran Daerah

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak ingin menghambat daerah mengusulkan aspirasi pemekaran daerah. Namun, dia menggarisbawahi pembentukan daerah otonomi baru (DOB) hingga saat ini masih moratorium.

Hal ini disampaikan Presiden ketujuh RI itu di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/12), saat berdialog terkait berbagai isu dengan jurnalis. Salah satunya yang dipertanyakan adalah langkah konkret pemerintah dalam merespons usulan pemekaran Papua.

“Sampai saat ini, urusan pemekaran itu masih moratorium. Tetapi kalau ada aspirasi-apsirasi dari bawah, misal dari Provinsi Papua, baik Papua Selatan, Papua Tengah, saya kira silakan. Namanya aspirasi dari bawah,” kata Jokowi.

Diakui Jokowi bahwa usulan pemekaran Papua sudah disampaikan ke Kemendagri. Namun demikian pihaknya menegaskan bahwa pemerintah belum membuka keran pembentukan DOB yang masih berstatus moratorium.

“Tetapi sekali lagi, sampai saat ini kita masih moratorium. Dari Mendagri (menyampaikan), aspirasi itu sudah disampaikan ke mendagri, tetapi tentu ada kajian-kajian, perhitungan dalam rangka perbaikan bersama, perbaikan Papua,” tandasnya.(fat/jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...