Ada Diskresi Menteri, Balai Jalan Bantu Aspal Jalur Seko

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR- Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XIII Makassar, akhirnya ikut tangani proyek prioritas Pemprov. Proyek membuka jalur ke kawasan Seko, Luwu Utara.

Kepala BBPJN XIII Makassar, Miftachul Munir mengatakan tahun ini pihaknya mulai akan ikut berkolaborasi untuk pembukaan jalur ke wilayah Seko. Kata dia, sudah ada diskresi atau penugasan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. Namun pekerjaan menyesuaikan dengan anggaran penugasan.

“Tahun ini ada 5 kilometer dahulu. Anggarannya sekitar Rp30 miliar termasuk pengawasan. Targetnya tuntas sebelum tahun baru,” ungkapnya.

Munir menuturkan, penugasan ini memang belum bisa tuntas tembus sampai ke Seko tetapi pihaknya akan konsentrasi menangani medan berat. Seperti di jalur Rongkong-Mambusa.

“Rute ini tidak bisa dilewati kendaraan. Medannya memang menantang. Kami fokus di situ. Termasuk membuat badan jalannya,” tuturnya.

Menurutnya, tahun depan pihaknya juga masih akan ikut membantu. Ada kolaborasi (mix program) dengan Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sulsel. Seperti di jalur Mambusa ke Lambiri.

“Ini pertigaan, kalau jalan lurus ke arah Sulbar. Kalau belok kanan ke Seko. Ini masuk kombinasi APBN dan APBD. Nanti Lambiri ke Seko itu masuk bantuan keuangan daerah Pemprov,” rincinya.

Munir menuturkan Gubernur Sulsel sebelumnya meminta anggaran Rp100 miliar. Namun kata dia, diskresi yang turun belum sesuai anggaran yang diminta. Namun pihaknya akan mengupayakan alternatif lain.

“Misalnya nanti ada dana sisa hasil lelang, kami akan lobi ke pusat agar bisa digunakan untuk jalur Seko,” bebernya. (fik/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...