Berapa Gol yang Dibutuhkan Indonesia Lawan Brunei?

0 Komentar

Timnas Indonesia / Kha Hoa/The Thao

FAJAR.CO.ID, MANILA—Tim nasional Indonesia U-23 akan menghadapi Brunei Darussalam pada laga keempat Grup B cabor sepakbola SEA Games 2019. Setelah kalah dari Vietnam, Indonesia membutuhkan kemenangan besar untuk menjaga peluang lolos ke semifinal.

Lalu, berapa gol yang dibutukan Tim Garuda? Saat ini, Vietnam yang mengoleksi poin sembilan memiliki selisih gol +12. Sementara Vietnam yang punya poin sama dengan Indonesia memiliki selisih gol +8. Sedangkan Indonesia +3.

Dengan perbedaan selisih gol itu, Indonesia paling tidak harus menang minimal 7-0. Skor itu sama seperti saat Thailand mengalahkan Brunei. Dengan kemenangan itu, Indonesia setidaknya akan memberikan tekanan pada Vietnam dan Thailand yang akan saling bertemu di laga terakhir meski belum menjamin mereka akan lolos.

Thailand sendiri akan berhadapan dengan Laos sore ini. Sebelumnya, Laos menang 3-0 atas Brunei dan kalah 1-6 dari Vietnam. Karena butuh selisih gol yang bagus, Thailand juga pasti akan berburu banyak gol ke gawang Laos.

Sementara Vietnam akan ditantang Singapura yang kalah 0-2 dari Indonesia dan 0-3 dari Thailand. Tanpa meremehkan Singapura, Vietnam diprediksi akan memenangkan laga ini. Namun, Vietnam diyakini tidak akan berpesta gol seperti laga kontra Brunei dan Laos mengingat Singapura cukup merepotkan lawan-lawan mereka sebelumnya. Selain itu, Singapura juga butuh kemenangan sebelum pulang.

Skenario skor ini dibutuhkan Indonesia dengan diasumsi bahwa Thailand bisa mengalahkan Vietnam di partai terakhir. Kalau itu benar-benar terjadi, maka selisih gol akan menjadi penentu dua negara yang akan menjadi wakil Grup B. Kalau ternyata Vietnam bisa menang, Indonesia hampir dipastikan akan lolos minimal sebagai runner up.

Pelatih Indonesia, Indra Sjafri sendiri sudah menegaskan bahwa mereka tidak punya pilihan lain selain menang besar. “Pemain harus mengerahkan semua kemampuan untuk mendulang gol sebanyak mungkin,” tegasnya di PSSI.org. (amr)

Klasemen Grup B

Vietnam               3              3              0              0              14-2       +12         9

Thailand               3              2              0              1              10-2       +8           6

Indonesia            3              2              0              1              5-2          +3           6

Laos                       3              1              1              1              4-6          -2            4

Singapura            3              0              1              2              0-5          -5            1

Brunai                   3              0              0              3              0-16       -16          0

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...