Besok Pilkades di Wajo, Ketua DPRD Berharap Cakades Jaga Kedamaian

0 Komentar

Ketua DPRD Wajo Andi Alauddin Palaguna (pakai peci) menghadiri deklarasi damai yang digelar di Mapolres Wajo, Senin, 2 Desember. (FOTO: IMAN SETIAWAN P/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, SENGKANG — Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) jilid III di Kabupaten Wajo digelar, Rabu, 4 Desember, besok. Para calon kepala desa (Cakades) diminta menerima hasil pemilihan dan menjada kedamaian.

Hal itu disampaikan Bupati Wajo Amran Mahmud dihadapan sebanyak 48 calon Kades, pada kegiatan Deklarasi Damai yang dilaksanakan di Aula Mapolres Wajo, Senin, 2 Desember kemarin.

Menyikapi hal itu, Ketua DPRD Wajo Andi Alauddin Palaguna yang ikut hadir, menilai Pilkades mempunyai potensi gangguan keamanan yang tinggi. Maka dari itu, seluruh calon Kades diminta bertanda tangan dan berkomitmen menjaga keamanan selama tahapan.

“Pada dasarnya seluruh pemilihan ada menang dan kalah. Semuanya harus siap menghadapi itu. Maka selanjutnya Pilkades serentak juga harus bisa lancar, aman dan kondusif,” ujarnya, Selasa, 3 Desember.

Ia pun percaya masyarakat bisa menjaga kedamaian. Sebab Wajo memiliki filosofi 3S (sipakatau, sipakalebbi dan sipakainge) yang memiliki nilai yang dijunjung tinggi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Wajo, Syamsul Bahri menyampaikan, sebelumnya ada 50 calon Kades yang lolos dalam seleksi administrasi pendaftaran. Dari jumlah itu 2 orang gugur seleksi uji kompetensi.

“Rabu, 4 November nanti bukan cuma pemilihan, hari itu juga langsung penetapan. Kita lakukan itu, guna meminimalisir potensi kericuhan,” tuturnya.

Bahri merincikan, ada 13 desa dari 7 kecamatan menggelar Pilkades. Masing-masing 4 desa di Kecamatan Bola, Pammana, serta masing-masing 1 desa di Kecamatan Gilireng, Majauleng, Keera, Takkalalla, dan Sabbangparu. (man-adv)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...