Indonesia Gasak Brunei 8-0, Bikin Rekor SEA Games dan Salip Thailand

0 Komentar

Osvaldo Haay membawa Indonesia memimpin 3-2/Kha Hoa/The Thao

FAJAR.CO.ID, BINAN—Tim nasional Indonesia U-23 menggasak Brunei Darussalam di laga keempat Grup B cabang olahraga sepakbola SEA Games 2019. Dalam laga di Binan Football Stadium, Binan, Tim Garuda menang 8-0 yang jadi rekor skor SEA Games 2019 sejauh ini.

Berkat kemenangan ini, Indonesia menjaga peluang lolos ke babak semifinal. Saat ini, Indonesia yang mengoleksi poin sembilan dan selisih gol +11 naik ke posisi kedua klasemen sementara Grup B. Mereka menyalip Thailand yang punya poin sama dan selisih gol +10 usai menang 2-0 atas Laos.

Dengan demikian, peluang Indonesia untuk lolos ke babak semifinal sangat besar. Pasalnya, Thailand akan berhadapan dengan Vietnam di laga terakhir. Sementara anak asuh Indra Sjafri akan meladeni Laos.

Jika Thailand imbang atau kalah, Indonesia cukup menang 1-0 untuk lolos mendampingi Vietnam. Bahkan, kemenangan Thailand juga tidak akan menghalangi langkah Indonesia kalau bisa menang atas Laos dengan selisih gol sama. Vietnam juga bisa saja tersingkir kalau mereka kalah dengan skor mencolok dan Indonesia menang atas Laos.

Jalannya Pertandingan

Dalam laga yang berlangsung, Selasa, 3 Desember malam ini, Brunei mampu mengimbangi Indonesia di awal laga. Namun, lewat serangan cepat, Osvaldo Haay bisa membuka keunggulan di menit ke-10 usai menerima umpan dari Saddil Ramdani di mulut gawang.

Hanif Aiman Adanan coba mengancam setelah gol itu. Namun bola tendangan kerasnya bisa ditepis M Riyandi yang dipercaya mengawal gawang Tim Garuda. Demikian juga dengan sepakan Amin Sisa yang melayang tipis di atas mistar.

Osvaldo mendapat peluang bagus menggandakan keunggulan di menit ke-19. Sayang, ia tidak mampu mengontrol bola di mulut gawang padahal sudah tak terkawal. Setelah itu, pada menit ke-21, tendangan kaki kiri Saddil diblok dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Setelah melewatkan dua peluang bagus, Indonesia menggandakan keunggulan di menit ke-39. Menerima umpan tumit dari Saddil, Egy Maulana Vikri melepaskan tendangan keras kaki kanan yang tidak bisa diamankan kiper Brunei, Haimie Anak Nyaring.

Sebelum turun minum atau tepatnya di menit pertama injury time, Osvaldo memperlebar jarak menjadi 3-0. Kali ini, Egy yang menjadi pemberi assist. Umpan terobosannya dengan mudah diselesaikan Osvaldo dengan tembakan cungkil.

Kembali dari ruang ganti, Indonesia nyaris mencetak gol cepat. Saat laga baru berjalan semenit, Egy mengirim umpan manis ke Osvaldo yang berdiri di depan gawang. Sayang, Osvaldo memilih mengumpan meski berdiri sangat bebas. Bola pun dengan mudah diamankan pemain Brunei.

Di menit ke-49, Saddil menambah keunggulan menjadi 4-0. Kolaborasi tiga pemain mengawali gol ini. Egy mengirim bola ke gawang Osvaldo yang kemudian memberikan bola ke Saddil di mulut gawang yang sudah ditinggalkan kiper.

Egy nyaris menambah gol di menit ke-52 ketika ia mampu menerobos hingga ke kotak penalti. Namun tendangan Egy masih bisa ditepis penjaga gawang dan hanya melahirkan sepak pojok untuk Indonesia.

Indonesia masih terus mengurung pertahanan Brunei. Namun hingga pertandingan berjalan satu jam, tidak ada peluang bagus yang bisa didapatkan. Witan Sulaiman pun dimasukkan menggantikan Saddil di menit ke-65.

Witan hanya butuh tiga menit untuk mencatatkan namanya di papan skor. Menerima umpan dari Egy dari sisi kiri, Witan melepaskan tembakan voli kaki kanan yang tidak bisa diantisipasi kiper Haimie Anak Nyaring. Skor 5-0.

Osvaldo mencetak hattrick di menit ke-71. Mendapat bola dari Syahrian Abimanyu, Osvaldo berhasil mengelabui barisan pertahanan Brunei sebelum melepaskan tendangan keras kaki kiri yang menggetarkan jala gawang Brunei.

Syahrian digantikan di menit ke-73 oleh Sani Rizki. Seperti Witan, Sani juga sukses menambah gol bagi Indonesia. Namun, ia hanya menjadi pemberi assist. Sepak pojoknya diselesaikan dengan baik oleh Andy Setyo Nugroho lewat tandukan. Skor 7-0.

Unggul 7-0, Indonesia belum mau berhenti menekan. Pada menit ke-78, Egy menambah keunggulan Indonesia menjadi 8-0. Lagi-lagi Egy menaklukkan Haimie Anak Nyaring dengan tendangan keras kaki kanan.

Pelatih Indonesia, Indra Sjafri kembali melakukan pergantian pemain di menit ke-82. Zulfiandi diberi istirahat dan digantikan Feby Eka. Meski masih terus menyerang, tidak ada lagi gol yang tecipta. Skor 8-0 pun menjadi hasil akhir. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...