Munas Golkar, Pengamat Sebut Nurdin Halid Sedang Cari Keuntungan

Selasa, 3 Desember 2019 14:19

“Sudah sudah ikut munas selama empat kali. Seperti saat ini, syarat pun tak pernah berubah. Kalau soal mengembangkan ketua umum,” tambahnya.

Cari Aman

Munas Golkar terbagi dua kubu. Banyak yang bermanuver main dua kaki. Cari aman. Pengamat Politik Unhas, Andi Ali Armunanto menyatakan dalam proses menjelaskan Munas Golkar ini, Nurdin Halid (NH) menjadi salah satu tokoh yang berupaya mengamankan posisi.

Terkesan bermain dua kaki mendukung Bambang Soesatyo (Bamsoet) di satu sisi dan di sisi lain juga mendukung Airlangga Hartarto. Dengan taktik politik main dua kaki ini, Ali menilai NH sedang mencari keuntungan dari kedua belah pihak.

Sehingga siapa pun yang terpilih, NH tetap menjaga posisi politiknya. Tetap memiliki nilai tawar tinggi. “NH juga pasti sadar bahwa Sulsel ini punya nilai tawar yang tinggi, makanya tidak takut bermain dua kaki,” tegasnya.

Namun, Ali menebak di detik-detik akhir, ketika kekuatan politik sudah kelihatan mengerucut calon yang lebih kuat untuk terpilih, NH akan langsung merapat.

Adapun mengenai perseteruan Bamsoet dan Airlangga, ia menyatakan hanya akan panas di awal-awal konstelasi dan menjelang akhir setelah lobi-lobi politik, akan mereda.

“Tradisi Golkar itu sangat dinamis. Di awal berseteru, tapi setelah jelang akhir maka sudah reda lagi setelah jelas lobi-lobinya,” imbuhnya.

Bagikan berita ini:
9
4
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar