Preview Burnley vs Man City: Menolak Menyerah

0 Komentar

David Silva berlatih bersama Manchester City/Getty Images

FAJAR.CO.ID, BURNLEY—Manchester City sudah tertinggal 11 angka di belakang pemuncak klasemen Premier League, Liverpool. Namun sang juara bertahan menolak menyerah dan bertekad kembali mendekat dengan mengalahkan Burnley.

THE CITIZENS akan melawat ke Turf Moor di pekan ke-15, Rabu, 4 Desember, dinihari nanti. Pasca imbang 2-2 di markas Newcastle United, anak asuh Pep Guardiola tentu haram tergelincir lagi di laga ini.

Agar bisa mengamankan kemenangan, Pep mengatakan mereka harus fokus sepenuhnya pada pertandingan ini. Para pemain City tidak boleh memikirkan laga derby kontra Manchester United di pekan berikutnya. “Bersiaplah dan cobalah untuk menang melawan Burnley. Setelah itu, derby,” katanya di Goal.

City membutuhkan 18 kemenangan beruntun untuk meraih titel ekaligus mencetak rekor pada musim 2017/2018. Setelah itu, musim lalu, mereka harus memenangi 14 laga beruntun sebelum akhirnya bisa mengejar Liverpool dan juara di akhir musim.

Tapi, Pep menegaskan tidak ada gunanya berpikir terlalu jauh sekarang ini. Menurutnya, mereka harus menyelesaikan satu per satu pertandingan. “Saya tidak memikirkan berapa banyak pertandingan yang harus kami menangi, hanya mencoba untuk memenangkan yang berikutnya,” tegasnya.

Pep sendiri memastikan tidak ada masalah dengan anak asuhnya meski baru saja imbang dan tertahan di peringkat tiga. Makanya, menjelang laga kontra Burnley, ia mengklaim tidak harus melakukan evalusi khusus. “Kinerjanya baik,” jelas mantan pelatih Barcelona tersebut.

Bek City, John Stones menambahkan bahwa timnya akan terus berjuang mengejar Liverpool. “Kami hanya harus terus berjuang dan berkonsentrasi pada setiap pertandingan. Selanjutnya adalah Burnley dan kami harus fokus pada itu dan membalikkan apa yang terjadi,” ujar Stones.

Pemain internasional Inggris itu percaya bahwa kalau bisa kembali meraih hasil positif beruntun yang dimulai dari Burnley, tidak mustahil mereka bisa kembali mengejar Liverpool. Dan mimpi juara akan tetap mereka gemakan hingga akhir musim.

“Kami selalu bisa melakukan itu dengan cukup baik, dan saya percaya pada semua orang di ruang ganti. Pertarungan berlangsung hingga hari terakhir. Kita harus berpikir positif dan bermimpi besar. Kami melakukannya musim lalu dan tidak melihat mengapa itu tidak bisa dilakukan lagi,” tandasnya.

Dipermalukan Crystal Palace di Turf Moor pekan sebelumnya, Brunley yang kini di peringkat ke-10 dengan poin 18 berharap bisa bangkit dan mengalahkan City. Makanya, Manajer Burnley, Sean Dyche meminta The Clarets tampil lebih tajam.

Dyche menyebut bahwa performa mereka melawan Crystal Palace sangat bagus. Hanya saja, mereka tidak efektif dalam memaksimalkan peluang gol. Situasi itu dimanfaatkan Palace dengan mencetak gol melalui Wilf Zaha dan Jeff Schlulpp.

“Saya tidak terlalu kecewa dengan penampilannya. Kami tidak setajam seperti yang kami lakukan baru-baru ini, tetapi kami masih menciptakan peluang yang cukup untuk mendapatkan sesuatu dari permainan itu,” kata Dyche di situs klub.

Tuan rumah kemungkinan  tidak akan diperkuat Charlie Taylor yang mengalami cedera hamstring di laga akhir pekan lalu. “Kami akan menunggu dan melihat. Ini hamstring tapi saya tidak tahu seberapa parah cederanya saat ini,” ujarnya di Sky News.

Selain Taylor yang kemungkinan akan digantikan Erik Pieters, Matej Vydra dan Johann Berg Gudmundsson juga akan absen. Tapi, mereka bisa menyambut Ashley Westwood yang sudah melewatkan sanksi. City yang menang 1-0 April lalu di Turf Moof sementara itu masih kehilangan Sergio Aguero, Aymeric Laporte, Leroy Sane, dan Oleksandr Zinchenko yang semuanya cedera. (amr)

Prakiraan Pemain
Burnley (4-4-2): Pope; Bardsley, Tarkowski, Mee, Pieters; Brady, Cork, Hendrick, McNeil; Wood, Barnes

Manchester City (4-3-3): Ederson; Cancelo, Otamendi, Stones, Mendy; De Bruyne, Rodri, D Silva; Bernardo, Jesus, Sterling

Head to head

28/04/19 Burnley 0-1 Manchester City
26/01/19 Manchester City 5-0 Burnley
20/10/18 Manchester City 5-0 Burnley
03/02/18 Burnley 1-1Manchester City
06/01/18 Manchester City 4-1 Burnley

Lima pertandingan terakhir Burnley

19/10/19 Leicester City 2-1 Burnley
26/10/19 Burnley 2-4 Chelsea
02/11/19 Sheffield United 3-0 Burnley
09/11/19 Burnley 3-0 West Ham United
23/11/19 Watford 0-3 Burnley
30/11/19 Burnley 0-2 Crystal Palace

02/11/19 Manchester City 2-1 Southampton
06/11/19 Atalanta 1-1 Manchester City
10/11/19 Liverpool 3-1 Manchester City
23/11/19 Manchester City 2-1 Chelsea
26/11/19 Manchester City 1-1 Shakhtar Donetsk

30/11/19 Newcastle United 2-2 Manchester City

Fakta Kunci
Manchester City mencetak setidaknya 2 gol dalam 13 dari 15 pertandingan terakhir mereka di Premier League.
Manchester City memenangkan 7 dari 8 pertandingan terakhir mereka melawan Burnley di semua kompetisi.
Manchester City clean sheet dalam 3 pertandingan terakhir mereka melawan Burnley di semua kompetisi.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...