RPC Bakal Beroperasi, Begini Tanggapan Dewan ke Pemkab Wajo

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SENGKANG — Kompleks Pengolahan Beras atau Rice Processing Complex (RPC) milik Pemkab Wajo segera kembali difungsikan. Pengoperasiannya akan diserahkan kepada pihak ketiga.

Sebelumnya, Wakil Bupati Wajo Amran menyampaikan, dalam waktu dekat akan meminta persetujuan DPRD Wajo, untuk pengoperasian aset senilai Rp32 miliar di Kelurahan Anabanua Kecamatan Maniangpajo tersebut.

“Pengoperasiannya masih di bawah Dinas Perindustrian. Secepatnya kita ajukan ke dewan, karena rencana pengelolaannya kita serahkan ke pihak ketigakan,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Hanya saja, ia belum ingin membocorkan nama perusahaan dari pihak ketiga tersebut, begitu juga dengan sistem pembagian hasilnya. Karena masih dalam proses melengkapi berkas administrasi.

“Yang pasti sistemnya pihak ketiga kontrak ke Pemda Wajo. Jadi pengoperasian bukan Pemda lagi, kita sisa nagih setiap tahun,” akuinya.

Menyikapi hal itu, anggota Komisi IV DPRD Wajo Sulfiah, menyetujui rencana tersebut. Sebab pengelolaan RPC dibawah tanggung jawab Dinas Perindustrian Wajo, hanya membebani APBD Wajo.

“Cuma yang perlu itu pengawasannya oleh Pemkab Wajo dalam hal ini Dinas Perindustrian,” tuturnya.

Selain itu, dewan juga menyarankan untuk teliti dalam pembagian hasil RPC kedepannya. Rencananya perbaikan pelataran RPC yang harus dijadikan dasar.

“Kalau perbaikan alat-alat RPC pakai APBD, ya harus juga dihitung uang yang sudah kita keluarkan. Makanya nanti saya akan minta itu diperjelas,” tegasnya. (man/ADV)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...