Trend Urban Lifestyle Tingkatkan Permintaan Ruko di Panakkukang Makassar

0 Komentar

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Lifestyle (gaya hidup) hang out atau kongkow di kota-kota besar di Indonesia menjadi trend hampir di semua kalangan. Kota Makassar menjadi salah satu kota yang subur bagi “budaya ngumpul” di cafe-cafe dan resto-resto jelang sore hingga malam hari. Lifestyle kaum urban ini ternyata turut menggairahkan bisnis properti, terutama properti komersial, khususnya ruko (rumah toko).

Panakkukang, Makassar contohnya yang dalam 5 tahun belakangan ini pertumbuhan tempat nongkrong asyik, seperti cafe, resto, hotel, mal, minimarket, dan tempat hiburan lainnya berkembang cukup pesat. Begitu ramainya aktivitas masyarakat membuat Central Business District (CBD) baru di Kota Makassar ini serasa tak pernah “tidur”.

Bukti dari tingginya permintaan akan properti komersial di kawasan Panakkukang ini dapat dilihat mulai ramainya area komersial VidaView Apartments yang dibangun oleh Ciputra Group. Proyek apartemen yang berada di area yang sangat strategis di Boulevard Panakkukang yang merupakan pusat bisnis baru Kota Makassar. VidaView Apartments dikelilingi mal, bank, perkantoran, sekolah, pusat kuliner, rumah sakit, dan akses yang sangat mudah menuju bandara atau pusat kota.

Menurut Nicko Limanta Project Manager VidaView Apartments, perkembangan bisnis di sekitar kawasan Panakkukang, terutama di sepanjang bilangan Boulevard Panakkukang sangat cepat. Seiring dengan hal tersebut, permintaan ruang usaha atau ruko terus meningkat dalam 2 tahun berakhir ini.

Nicko memprediksi, ke depan potensi bisnis di kawasan Panakkukang akan kian booming ketika Pettarani Toll Road Makassar atau Flyover Pettarani yang kini sedang dibangun Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Jalan tol ini yang direncanakan dapat dioperasi tahun depan, diyakini akan membuat lokasi Panakkukang makin strategis.

Pettarani Toll Road merupakan salah satu solusi kemacetan Kota Makassar, di mana masyarakat yang ingin memasuki wilayah tol bisa masuk melalui Jalan Sultan Alauddin atau Jalan Hertasning. Dengan ada flyover ini, akses menuju bandara akan semakin mudah.

Dipasarkan ruko 3 lantai

Nicko mengatakan, salah satu tempat hang out favorit di Panakkukang sekarang ini adalah area komersial VidaView Apartments. Selain cafe dan resto, di kawasan apartemen ini juga sudah dibuka beberapa kantor, minimarket, laundry, dan sekolah.

“Selain para penghuni dan penyewa apartemen di Ashton Tower yang sudah sold out (dari 400-an unit terhuni sekitar 70 persen), tidak sedikit pula pengunjung dan konsumen area komersial VidaView datang dari masyarakat umum, terutama pelintas yang banyak beraktivitas di wilayah Panakkukang. Sebagian menjadikan VidaView sebagai meeting point karena aksesnya mudah dan suasananya sangat asyik,” kata Nicko, di Makassar, Selasa (26/11).

Ramainya aktivitas bisnis di kawasan VidaView ini, lanjut Nicko, ternyata dilirik oleh beberapa brand-brand ritel nasional, seperti resto makanan siap saji, farmasi, cafe shop, dan minimarket menyatakan berminat membuka gerainya di sana, namun diakui Nicko stock ruko siap usaha yang tersedia sudah sangat terbatas. Dari 45 ruko yang terbangun, sudah terjual sekitar 90 persen. Tersisa sekitar 7 unit ditargetkan dapat terjual habis di akhir tahun ini.

“Saat ini kami sedang menawarkan ruko 3 lantai, harga mulai Rp. 4,7 miliar dengan luas 230 m2 hingga 440 m2. Kepada pembeli kita tawarkan konsep kerja sama dengan brand-brand nasional tersebut. Ada beberapa kerja sama yang ditawarkan. Ada revenue sharing, profit sharing, franchise atau murni sewa. Ini adalah bentuk kerja sama yang sinergi dan win win solution,” jelas Nicko. “Nilai investasi ini jelas sangat menjanjikan, terlebih, ruko di area Boulevard rata-rata dibandrol harga Rp5-8 milliar.” tambahnya.

Dengan masuknya brand-brand nasional, Nicko optimis, added value (nilai tambah) kawasan VidaView semakin meningkat. Apalagi semenjak dimulainya serah terima unit apartemen kepada pembeli di Brentsville Tower pada bulan Juli 2019 (per Oktober sudah handover 50 unit). Peningkatan tingkat hunian ini memperbesar peluang pasar bagi bisnis cafe dan resto di Vida View. “Para pelaku bisnis yang jeli, tentunya dapat melihat peluang emas ini. Hanya dengan cicilan Rp 24 juta per bulan, anda sudah memiliki ruko yang dibundling dengan brand-brand berskala nasional tadi,” tambahnya.

“VidaView menjadi tempat favorit kongkow-kongkow kaum urban Makassar, karena didukung dengan lokasinya yang strategis berada di Boulevard Panakkukang yang traffic kendaraan sangat ramai. Jika Flyover Pettarani sudah beroperasi, dimana salah satu exit-nya belok kiri langsung ke Jalan Boulevard Panakkukang, maka dapat dengan mudah mengakes Vida View,” jelasnya. (iad)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...