Student Exchange

0 Komentar

Podium, Hasrullah

FAJAR.CO.ID — Student exchange dilakukan mahasiswa FISIP Unhas dengan Thaksin University selama 3 minggu pada November 2019 telah memberikan inspirasi dan benefit bagi mahasiswa. Apalagi program yang digagas Dekan FISIP Unhas, Armin Arsyad ini merupakan lompatan dan inovasi bagi dunia kemahasiswaan yang selama ini belum menjadikan prioritas unggulan, khususnya program Student Exchange.

Pentingnya program ini dapat menciptakan karakter mahasiswa FISIP yang selama ini banyak fokus pada kegiatan domestik fakultas. Maka perwakilan tiga mahasiswa FISIP Unhas yakni Harun (Jurusan Hubungan Internasional), Fathimah (Sosiologi), dan Dwi (Administrasi) melakukan program Sit-in dari beberapa mata kuliah yang sesuai bidang ilmu di Faculty of Humanities and Social Sciences yang bertempat di Thaksin University kampus  Songkhla Thailand selatan.

Ragam kegiatan yang dilakukan mahasiswa Unhas berupa menghadiri festival budaya Long Kra Thong, dimana terdapat ritual penghargaan pada penjaga alam. Selain itu mahasiswa Unhas mengikuti camp pertemuan dengan lima universitas tingkat Selatan Thailand yang membahas tentang resolusi konflik minoritas muslim yang berdomisili di selatan Thailand.

Student exchange ini tidak hanya sekadar untuk menaikkan reputasi internasional Unhas, tetapi pelajaran berharga bagi mahasiswanya adalah menaikkan kapasitas intelektual dalam memperdalam ilmu di negeri orang (baca Thailand). Kemudian, mahasiswa mempunyai wawasan global dalam interaksi di kancah internsional.
 

Selanjutnya, belajar berpikir holistik dan memamahi perspektif lain dalam berinteraksi. Lalu, bagaimana mengenal budaya negara lain sehingga menimbulkan understanding intercultural communication, belajar diplomasi dalam taraf memahami dan mengerti perspektif orang lain, khusus tak membuat mahasiswa berpikir sempit.

Student exchange juga tidak saja meningkatkan pengetahuan tapi memupuk kolaborasi hubungan sejak mahasiswa. Sebab, dengan program seperti ini berarti membangun relationship experience untuk meningkatkan self confidence students. Tak hanya itu, program seperti ini menaikkan reputasi mahasiswa dalam pergaulan internasional.


Maka kepercayaan yang diberikan Thaksin University ini, sebaiknya FISIP Unhas bertekad dan melanjutkan sebagai tantangan meningkat kapasitas berwawasan internasional dan mencetak kader terbaik di level internasional yang akan datang. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...