Ahli Hipnoterapi, Smartphone Rentan Picu Fobia


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –Zaman sekarang ini, hampir semua orang memanfaatkan teknologi gawai di setiap aktivitasnya. Rupanya, hal ini rentan menimbulkan fobia.

Ahli Hipnoterapi, Makassar Hypnotherapy, IR Henrikus SPsi MPd menuturkan, kawula muda saat ini akan lebih mudah mengalami fobia. Alasannya, mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain gawai, sementara mengeksplor diri dengan mengunjungi alam sangat kurang.

Padahal, bermain di alam akan membuat mereka jauh dari rasa cemas terhadap sesuatu, karena mengetahui banyak hal. Lebih dekat dengan alam akan membuat seseorang lebih berani, sehingga ketakutan terhadap suatu hal tak akan terjadi. “Ini yang juga harus diperhatikan oleh orang tua sejak anaknya kecil. Di usia dua sampai empat tahun itulah paling tepat mengenalkan dengan alam, agar bisa mengontrol dirinya,” ujarnya.

Fobia akan lebih mudah dialami orang-orang dengan tipe melankolis atau cenderung pendiam dan mudah murung. Tipe seperti ini, lebih cenderung menghindar dari apa yang ditakutinya dibandingkan dengan orang dengan tipe sanguin atau terbuka, yang lebih berani melawan ketakutannya.

Makin tua seseorang, maka makin sulit untuk menghilangkan fobianya. Alasannya, umur yang semakin tua akan membuat perilakunya semakin menetap. Sehingga, lebih butuh waktu untuk menghilangkan fobia tersebut.

Fobia sendiri merupakan perilaku kecemasan pada seseorang, yang bagi orang lain menjadi hal biasa. Fobia terjadi disebabkan berbagai hal seperti pengalaman buruk terhadap objek yang ditakuti. Adapula yang mengalaminya karena faktor lingkungan atau genetik, di mana lahir dari keluarga yang juga mengalami kecemasan berlebihan terhadap sesuatu.

Komentar

Loading...