Begini Tips Sembuh dari Fobia

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Orang-orang yang mengalami fobia sebaiknya melawan rasa ketakutannya. Caranya yakni dengan mendekat pada objek fobianya.

Ahli Hipnoterapi, Makassar Hypnotherapy, IR Henrikus SPsi MPd menuturkan, cara terapi dibagi tiga. Dalam ilmu psikoterapi metode paling umum yakni modifikasi perilaku. Modifikasi ini yakni mengurangi sensitivitas terhadap apa yang ditakuti dengan mendekatkannya pada objek tersebut.

Penderita dibuat rileks, sehingga membayangkan suasana yang indah dan nyaman. Setelah itu didatangkan sebuah objek atau keadaan tertentu yang ditakutinya. Hal ini akan membuat penderita tidak fobia lagi. Cara lainnya yang bisa dilakukan yakni menempatkan penderita di sekeliling objek yang ditakutinya.

Misalnya ketika takut pada kucing, maka letakkan kucing di sekitarnya dengan begitu banyak sampai mampu menyentuhnya. Saat itu dilakukan terus menerus, maka akan timbul rasa kebal terhadap objek tersebut. Namun, perlu diketahui dahulu apakah penderita mengalami masalah riwayat kesehatan seperti jantung. Mendekatkannya langsung dengan objek bisa saja membuat panik dan mengalami serangan jantung.

Adapula proses penyembuhan dengan membuat penderita membayangkan kejadian masa lalu, di mana penyebab awal mengalami fobia, dilanjutkan menyuruhnya bercerita. Terakhir yang juga ampuh yakni dengan hipnoterapi. Proses ini merubah pikiran bawah sadarnya dengan langsung masuk ke alam bawah sadar. Memberikan sugesti dan rasa nyaman, lalu mengintervensi alam bawah sadar agar ketakutannya hilang.

Namun, tak semua orang bisa diberikan hipnoterapi. Pada orang dengan IQ yang rendah jauh lebih sulit, karena karakter yang sulit fokus terhadap sesuatu hal. Makin cerdas seseorang, makin mudah berkonsentrasi, yang akhirnya lebih mudah diberikan hipnosis. “Orang hiperaktif juga sangat sulit dihipnosis. Fobia ini baiknya dikonsultasikan pada psikolog, karena masalah fobia adalah masalah perilaku. Kebanyakan tidak membutuhkan obat-obatan,” tambahnya. (ind/dni)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...