BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Sulsel pada 2020 Bisa Capai 7,6 Persen

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sulawesi Selatan menggelar Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2019 dengan tema Sinergi, Transformasi, Inovasi menuju Indonesia Maju.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti, dan Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sulawesi Selatan, Bambang Kusmiarso, memprediksi, pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan di tahun 2020 tetap tinggi, yakni di kisaran 7,2 hingga 7,6 persen (yoy).

“Dengan modal pembangunan yang telah dilakukan pada tahun 2019 dan dengan mencermati perkembangan ekonomi yang ada, pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan 2020 diperkirakan akan meningkat dalam kisaran 7,2 – 7,6% (yoy),” sebut Bambang Kusmiarso.

Bambang melanjutkan, beberapa faktor yang dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan pada tahun 2020 antara lain; komoditas ekpor Sulsel tidak terdampak perang dagang Amerika dan Tiongkok, peningkatan konsumsi rumah tangga, berlanjutnya stimulus fiskal pemerintah pada peningkatan infrastruktur di luar daerah, serta berlangsungnya beberapa proyek infrastruuktur pemerintah yang ikut mendorong lapangan usaha konstruksi.

“Bauran kebijakan Bank Indonesia yang akomodatif akan dilanjutkan pada tahun 2020 mendatang, termasuk dalam mendorong pengembangan UMKM, sektor prioritas, ekspor dan pariwisata,” jelasnya.

Kegiatan yang bertema Sinergi, Transformasi dan Inovasi Menuju Indonesia Maju tersebut, Bambang menyampaikan pandangan Bank Indonesia melalui evaluasi ekonomi untuk tahun 2019 dan prospek pertumbuhan ekonomi di tahun 2020, yang bertujuan memperkuat pertahanan dan mendorong ekonomi nasional Sulawesi Selatan

Komentar

Loading...