Intelijen AS Deteksi Pergerakan Rudal Iran ke Irak


FAJAR.CO.ID, TEHERAN– Badan-badan intelijen AS dan Pentagon mengaku telah melacak pergerakan sejumlah rudal balistik jarak pendek Iran ke Irak. pejabat AS mengungkap hal itu.

Pejabat AS tersebut menyebut, beberapa rudal itu dapat dikategorikan sebagai balistik.

Intelijan AS khawatir, misil-misil itu dapat dipindahkan dan ditembakkan dengan menyasar pasukan AS oleh milisi yang didukung Iran. Pejabat militer senior AS, bagaimanapun, telah mengatakan baru-baru ini bahwa mereka tidak percaya rezim di Teheran kemungkinan akan berperang melawan AS.

Bulan lalu, milisi ini telah meningkatkan serangan terhadap posisi AS dengan roket yang lebih besar daripada yang terlihat sebelumnya.

Berita tentang pergerakan rudal Iran ke Irak datang sehari setelah adanya laporan intelijen tentang potensi ancaman baru Iran terhadap pasukan AS dan kepentingan di Timur Tengah.

“Ada intelijen yang konsisten dalam beberapa minggu terakhir,” kata seorang pejabat administrasi kepada CNN.

Seorang pejabat kedua menggambarkannya sebagai informasi yang telah dikumpulkan sepanjang November. Informasi tersebut dikumpulkan badan-badan militer dan intelijen.

Dalam beberapa minggu terakhir, telah terjadi pergerakan pasukan dan senjata Iran yang dikhawatirkan AS dapat diterapkan untuk serangan potensial, jika ada yang diperintahkan oleh rezim Iran, kata para pejabat. Tidak jelas apakah ancaman potensial akan datang dari pemerintah pusat atau Korps Garda Revolusi Islam Iran.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar