Jauh-jauh dari India, John Deere Kenalkan Teknologi Traktor Roda Empat ke Petani

Traktor yang dipamerkan penggunaannya di Bone.

FAJAR.CO.ID, WATAMPONE — Bumi Arung Palakka, Bone, menjadi tempat yang dipilih PT Wahana Inti Selaras untuk memperkenalkan traktor roda empat John Deere. Sebab, Bone merupakan daerah yang paling luas lahannya, dengan total keseluruhan sekitar 117 ribu hektare lebih. Dan sangat potensial.

Pengenalan alat traktor roda empat (Jhon Deere 3036E) kepada beberapa kelompok tani dilakukan di Dusun Talumae, Desa Mattirowalie, Kecamatan Libureng. Traktor tersebut langsung diperlihatkan cara kerjanya di sawah dan di kebun. Memang cepat. Tak butuh waktu lama.

Produk Manager John Deere Asia, Mr Rohan yang jauh-jauh datang dari India langsung menjelaskan penggunaan alat tersebut. John Deer sebagai pabrikan traktor ternama di dunia. Kenapa? Karena John Deer berdiri sejak 1987 dan berpusat di Amerika Serikat.

“Ini dijual lebih 4.000 unit seluruh Asia. Traktor ini didesain untuk aplikasi persawahan. John Deere memproduksi traktor lebih dari 200 model,” katanya, Kamis (5/12/2019).

Kata dia, traktor ini bisa apa saja, di belakang dan di depan bisa memfungsikan bajak piringan. Petani kalau punya alat ini bisa difungsikan ke apa pun. Apalagi irit bahan bakar. Lebih cepat mengolah lahan.

“Bone besar sekali potensi lahannya, makanya kami memilih daerah ini sebagai percontohan untuk mengelola sawah. Petani rugi kalau cuman untuk persawahan saja. Padahal fungsinya begitu banyak,” terang Rohan.

Komentar

Loading...