Preview Indonesia vs Laos: Yang Penting Menang

Kamis, 5 Desember 2019 13:56
Belum ada gambar

Pemain timnas menyalami tim pelatih dan ofisial setelah latihan/PSSI.org

FAJAR.CO.ID, IMUS—Timnas Indonesia akan menghadapi Laos di laga terakhir Grup B cabang olahraga sepakbola SEA Games 2019, malam nanti. Asal bisa memenangi pertandingan ini, Tim Garuda dipastikan akan melenggang ke semifinal meski dengan skor 1-0.

Dengan 12 poin dan selisih gol +12, Indonesia minimal akan finis sebagai runner up Grup B

terlepas dari apapun hasil duel hidup mati Vietnam versus Thailand yang akan digelar bersamaan. Itu karena Indonesia dipastikan mengungguli salah satu dari kedua rivalnya itu.

Kalau Thailand menang dengan selisih satu gol, mereka akan tersingkir. Meski juga punya poin 12, selisih gol Tim Gajah Putih hanya +11. Dengan demikian, Vietnam yang punya selisih gol +12 akan melaju ke semifinal bersama Indonesia. Pada skenario ini, Vietnam lolos sebagai juara grup karena unggul produktivitas gol atas Indonesia.

Sementara jika Thailand bisa mengalahkan Vietnam dengan selisih dua gol, sang juara bertahan akan lolos bersama Indonesia dengan pemuncak grup ditentukan produktivitas gol. Vietnam sendiri harus tersingkir karena kalah selisih gol dari Indonesia dan Thailand.

Seandainya Thailand menang dengan skor 2-0, Indonesia akan menjadi juara grup karena selisih gol dan produktivitas gol sama namun anak asuh Indra Sjafri unggul head to head.

Tapi, jika Thailand menang tiga gol, mereka akan lolos sebagai juara grup dan Indonesia runner up.

Jika yang terjadi sebaliknya; Vietnam menang atau imbang, Indonesia hanya butuh hasil seri. Bahkan, kalau Thailand kalah, Evan Dimas dan kawan-kawan tetap akan lolos ke empat besar kendati juga kalah dari Laos. Syaratnya, kedua pertandingan berakhir dengan selisih gol sama.

Namun, opsi terakhir adalah kemungkinan terburuk yang diinginkan Indonesia yang menggilas Brunei Darussalam delapan gol tanpa balas di laga keempat. Pelatih Tim Garuda, Indra Sjafri menegaskan tidak mau menggantungkan nasib pada negara lain. “Kita akan menentukan sendiri nasib kita untuk melangkah ke semifinal,” tegas Indra Sjafri di PSSI.org.

Terlepas dari itu, Indra meminta pemainnya tetap memberi respek kepada Laos yang sempat merepotkan Thailand di matchday keempat. Pada pertandingan kontra Thailand, Laos yang kalah 0-2 baru bisa dijebol oleh Suphanat Mueanta di menit ke-90 dan 90+4.

Indra sendiri memastikan seluruh anggota skuatnya dalam keadaan siap tempur. Termasuk Firza Andika dan Muhammad Rafli yang juga sudah bergabung dalam latihan ringan di taman Pusat Kebudayaan Filipina, sore kemarin. “Pemain sudah recovery, tidak ada yang cedera dan semua siap tampil,” jelasnya.

Osvaldo Haay yang mencetak hattrick ke gawang Brunei dan kini menjadi top skor SEA Games dengan lima gol menambahkan, seluruh pemain sangat bersemangat menyongsong laga kontra Laos. “Kemenangan atas Brunei seperti memberi kita energi baru. Mudah-mudahan kami juga bisa tampil lebih bagus dan memenangkan pertandingan melawan Laos,” ujar Osvaldo.

Evan Dimas sementara itu mengingatkan rekan setimnya tentang kemungkinan perlawanan sengit dari Laos. “Laos mungkin akan bermain bertahan,” kata Evan yang meminta semua rekannya bermain tenang dan fokus pada taktik serta strategi yang disiapkan pelatih.

Peringatan Evan Dimas ini jelas harus menjadi perhatian skuat Tim Garuda. Walaupun sudah tidak bisa lolos ke semifinal, Laos jelas ingin menutup kiprah mereka di SEA Games dengan hasil positif setelah di laga kontra Thailand mereka kalah menyakitkan.

Pelatih Laos, V. Sundramoorthy juga sudah menegaskan bahwa mereka akan melakukan perbaikan untuk laga terakhir ini. Menurutnya, kebobolan dua gol di menit akhir kontra Thailand sangat mengecewakan.

“Sangat disayangkan. Kami kebobolan di menit-menit terakhir karena kurangnya konsentrasi. Tapi, semuanya bisa terjadi di sepakbola. Laos kini harus berlatih dan menjadi kuat di masa depan,” katanya dikutip dari The Thao.

Pada pertemuan terakhir kedua negara di ajang SEA Games, Laos menang 2-0 atas Indonesia. Itu terjadi pada SEA Games 2009 dimana Laos menjadi tuan rumah. Namun, secara umum, Indonesia lebih superior dalam head to head. Sebelumnya, Indonesia menang 1-0 di SEA Games 2003 dan 4-0 pada edisi berikutnya. Selain itu, pada pertemuan teranyar kedua negara di fase grup Asian Games 2018, Indonesia menang 3-0. (amr)

Prakiraan Pemain

Indonesia (4-3-3): Riyandi; Asnawi, Andy Setyo, Bagas Adi, Firza; Zulfiandi, Syahrian, Evan; Egy, Osvaldo, Saddil

Laos (5-3-2): Xaysavath; Bounphithak, Kittisak, Vanna, Kaharn, Aphixay; Somlith, Loungleuang, Phittack; Bounphachan, Soukaphone Vongchiengkham

Bagikan berita ini:
2
2
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar