Agar Aman dalam Bersosial Media, Ketahui 5 Tips Ini

ILUSTRASI

Fajar.co.id -- Saat ini, media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan. Banyak orang yang menggunakan media sosial untuk membagikan hal yang tidak dapat dikendalikan sepenuhnya.

Hal tersebut tentunya dapat mengarah pada konten yang tidak pantas untuk muncul di feed maupun timeline media sosial. Namun, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kemunculan konten yang tidak pantas di akun media sosial kita.

  • Berhati-hati dalam memilih teman di media sosial

Berteman dan terhubung dengan banyak orang di media sosial tentu adalah hal yang luar biasa, tetapi hal tersebut juga dapat membawa kalian ke dalam situasi yang berbahaya. Saat ini sudah banyak penipu yang menyalahgunakan identitas pengguna media sosial melalui pembuatan identitas palsu. Dengan memilih dan menerima teman virtual secara selektif, hal itu akan mengurangi risiko kamu untuk menjadi korban kejahatan cyber yang merugikan.

  • Hindari klik link/tautan yang tidak jelas

Ada banyak tautan dengan thumbnail memikat yang tersebar di media sosial dengan sumber yang tidak jelas. Seringkali, tautan tersebut akan mengarahkan kamu untuk mengunduh lampiran yang berujung pada tereksposnya data ponsel atau personal computer kalian ke program malware, yang dirancang untuk merusak dengan menyusup ke dalam sistem komputer. Selain itu, tautan tadi juga dapat mengarahkan kalian untuk mengisi data diri yang bersifat rahasia seperti nomor kartu kredit, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, hindari mengunjungi tautan yang tidak dikenal demi keselamatan diri.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...