Ingin Lebih Baik, Ditjen Hortikultura Lakukan Sosialisasi Penyusutan Arsip In Aktif


FAJAR.CO.ID, MALANG – Efisiensi dan efektifitas pengeloaan arsip akan terjadi jika kegiatan penyusutan arsip dilaksanakan sesuai dengan kaidah kearsipan. Setiap hari proses administrasi di berbagai instansi pemerintah melahirkan tumpukan dokumen, yang semula hanya membutuhkan satu boks, dua boks hingga akhirnya memenuhi ruang kerja.

Perlu menjadi perhatian bahwa arsip yang tidak disusutkan akan membebani instansi tersebut. Berkaca pada fonomena ini maka Direktorat Jenderal Hortikultura akan terus melakukan penyusutan arsip seperti yang telah dilakukan setiap tahunnya.

Melalui Sosialisasi Penyusutan Arsip Inaktif lingkup Direktorat Jenderal Hortikultura, Kepala Bagian Umum Setditjen Hortikultura Sri Haryati menghimbau agar pejabat fungsional arsiparis dan pengelola arsip di Ditjen Hortikultura untuk segera melakukan pengklasifikasian arsip yang telah memasuki masa akhir retensinya.

Pelaksanaan penyusutan arsip ini juga sebagai indikasi kepatuhan Kementerian Pertanian khususnya Direktorat Jenderal Hortikultura dalam menyelenggarakan fungsi kearsipan sesuai aturan perundang-perundangan.

“Maka saya harapkan para Arsiparis dapat melaksanakan kegiatan ini agar sesegera mungkin kita dapat melakukan penyerahan arsip ke Unit Kearsipan I Kementerian Pertanian,” tuturnya sebelum membuka acara pada Kamis (05/12/19) di Malang, Jatim.

Kasubag Kearsipan Kementan, Luh Putu Yuni juga menghimbau kepada seluruh peserta rapat untuk memperhatikan 4 (empat) instrumen kearsipan yaitu Pola Klasifikasi Arsip, Tata Naskah Dinas, Jadwal Retensi Arsip, dan Level Keamanan Akses Arsip dalam pengelolaan arsip di Ditjen Hortikultura.

Komentar

Loading...