Jepang Tertarik Ikan Tuna di Bone, Berani Bayar 3 Kali Lipat

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, WATAMPONE — PT Marubeni Corporation sangat tertarik dengan ikan tuna yang ada di Bumi Arung Palakka, Bone. Perusahaan asal Jepang itu akan bekerja sama dengan para nelayan dan tangkapannya akan langsung diekspor ke Jepang.

Mereka melakukan kunjungan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lonrae, Kabupaten Bone kemarin. Didampingi langsung Kepala Bappeda Provinsi Sulsel, Rudy Jamaluddin.

Kepala UPT Pelabuhan Wilayah I, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulsel, Bachtiar Lewa mengatakan, kunjungan Marubeni Corp sudah kedua kalinya dan langsung melakukan kunjungan lapangan. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas, mutu hasil tangkapan ikan tuna.

“Nantinya, mereka (Marubeni) mulai mau membina nelayan, kapal, cara menangkap ikan yang bagus di laut, kemudian prosesnya di atas kapal, sampai ke TPI, lalu ke Kawasan Industri Makassar, dan sampainya diekspor ke Jepang. Itu harus sesuai SOP,” katanya kepada FAJAR Kamis, 5 Desember.

Kata dia, Marubeni sudah mengkaji soal ikan tuna di Indonesia. Menurut kajian mereka Bone paling bagus potensi untuk ikan tuna. “Jika itu semua berhasil sesuai prosedurnga, Marubeni akan beli dengan harga tiga kali lipat dari biasanya,” jelas Bachtiar. (gun/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...