Pelarian Berakhir, Dua Miliarder Arisan Bodong Ditahan Polda Sulsel

Pelaku Arisan Bodong di Makassar. (FOTO: RUDIANSYAH/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pelarian miliarder arisan berakhir. Dua orang ditetapkan tersangka dan langsung ditahan.

Dirtreskrimsus Polda Sulsel menahan Kelvina Laurens (34) dan Wenni Wijaya (40) setelah puluhan korban arisannya melaporkan atas dugaan penipuan dan penggelapan dana miliaran yang dihimpun melalui kegiatan arisan.

Dari modus inilah, keduanya menjanjikan keuntungan kepada para anggota arisan, sehingga banyak yang bergabung. Beberapa korban sempat mendapat keuntungan, hanya saja, tahap berikutnya uang korban tidak dikembalikan.

Karena kegiatan arisan ini dilakukan melalui grup WhatsApp, Polda Sulsel menjerat pelaku dengan Pasal 45 UU RI Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perbankan Juncto Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang ITE.

Dirkrimsus Polda Sulsel, Kombes Augustinus B Pangaribuan, mengatakan, berdasarkan data sementara, korbannya diperkirakan mencapai 51 orang. Kerugiaannya ditaksir sekitar Rp10 miliar.

“Para korban diminta menyetorkan uang dengan keuntungan diperoleh korban mencapai 20 persen. Arisan ini untuk dikelola oleh calon kreditur,” kata Agustinus, di Mapolda Sulsel, Jumat, 6 Desember 2019.

Pihak kepolisian telah mengamankan barang bukti berupa lembar hasil print out setoran korban dan sejumlah handphone yang digunakan pelaku. (ans)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam

Comment

Loading...