Empat Kabupaten di Sulbar Bakal Peroleh Penghargaan Kriteria Peduli HAM

0 Komentar

ILUSTRASI. (INT)

FAJAR.CO.ID, MAMUJU — Empat Kabupaten di Sulawesi Barat akan mendapatkan penghargaan kriteria Kab/Kota Peduli HAM. Yakni Mamuju, Majene, Pasangkayu dan Mamasa yang akan diterima langsung oleh para Bupati pada 10 Desember 2019 di Bandung.

Kabid HAM Kanwil Kumham Sulbar, Munir, menyampaikan Kabupaten/Kota Peduli HAM ada 83 indikator dari 7 Kriteria sebagaimana tercantum dalam Permenkumham No 34 tahun 2016 yaitu hak atas kesehatan, pendidikan, perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, perumahan yang layak. “Termasuk lingkungan yang berkelanjutan. Ke empat tersebut telah memenuhi kriteria,” ucapnya.

Sesuai Permenkumham No 34 tahun 2016 tentang penghargaan kriteria Kabupaten/Kota Peduli HAM apabila 2/3 Kabupaten/Kota terpilih mendapatkan penghargaan otomatis Gubernurnya Juga akan Mendapatkan Penghargaan oleh Presiden.

Untuk penghargaan pelayanan publik berbasis HAM ada 7 Unit Pelaksana Teknis Kumham Sulbar. Yakni Lapas kelas IIB Polewali, Lapas Perempuan Kelas III Mamuju, Rutan Kelas IIB Mamuju, Rutan Kelas IIB Majene, Lapas Kelas III Mamasa, Kanim Mamuju,dan Kanim Polewali dimana indikatornya tercantum pada permenkumham No 27 tahun 2018 tentang pelayanan publik berbasis HAM.

Pemberian penghargaan tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan HAM bersama dengan Pemerintah Prov Jawa Barat dalam rangka memeperingati Hari HAM Sedunia ke-71 di mana akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo, para Gubernur dan Wali Kota/Bupati dan seluruh satker yang akan menerima penghargaan. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...