Indonesia Buang-buang Peluang, Ditahan Imbang Myanmar di Babak Pertama Semifinal SEA Games

Sabtu, 7 Desember 2019 16:53
Belum ada gambar

Timnas Indonesia lolos ke final SEA Games 2019/PSSI.org

FAJAR.CO.ID, MANILA—Tim nasional Indonesia U-23 masih bermain imbang 0-0 dengan Myanmar di babak semifinal cabang olahraga sepakbola SEA Games 2019. Sejumlah peluang bagus tidak bisa dimaksimalkan Tim Garuda di 45 menit pertama ini.

Bermain di Rizal Memorial Stadium, Sabtu, 7 Desember sore ini, Indonesia sejak awal bisa mengontrol pertandingan. Namun hingga 10 menit berlalu, tidak ada peluang bagus yang bisa mereka hasilkan.

Indonesia baru mendapatkan peluang di menit ke-11 melalui tendangan keras kaki kiri Evan Dimas. Sayang sekali, bola hasil tendangan Evan dari luar kotak penalti itu mampu ditangkap dengan baik oleh kiper Myanmar, Naing Sann Sat.

Di menit ke-18, Indonesia harusnya bisa memimpin ketika Asnawi Mangkualam Bahar  mampu menerobos hingga ke kotak penalti sebelum melepaskan umpan tarik. Bola yang ditepis kiper melayang ke mulut gawang yang langsung disundul Osvaldo Haay. Namun, bola masih melenceng tipis di samping kanan gawang Naing Sann Sat.

Myanmar merespons semenit kemudian melalui tendangan keras Aung Lwin Moe dari luar kotak penalti. Tapi, kiper Indonesia, Nadeo Arga Winata yang kembali dipercaya sebagai starter dengan tenang bisa mengamankan bola.

Tim Garuda kembali mendapat peluang emas di menit ke-22 ketika Saddil Ramdani mampu mengecoh barisan pertahanan Myanmar. Sayang sekali, bola yang ia kirim ke mulut gawang tidak bisa dijangkau Muhammad Rafli.

Indonesia mengklaim penalti ketika Osvaldo dijatuhkan di menit ke-32 oleh Kyaw Win Moe. Namun wasit tak mengubrisnya. Dua menit kemudian, kerjasama Osvaldo dan Saddil kembali memberi ancaman. Sayang, umpan tarik Osvaldo di sisi kanan bisa ditangkap penjaga gawang.

Pada menit ke-37, Indonesia kembali mendapat kesempatan membuka keunggulan. Kerjasama satu dua antara Saddil dan Osvaldo diakhiri dengan tendangan keras kaki kanan Osvaldo. Tapi, kiper Naing Sann Sat lagi-lagi bisa menangkap bola dengan baik.

Serangan Indonesia di menit ke-41 kembali memberi ancaman. Menerima umpan terobosan, Osvaldo mengirim umpan ke mulut gawang. Sayang, bola terlalu tinggi sehingga tidak mampu dijangkau Egy Maulana Vikri.

Myanmar hampir mencetak gol di menit ke-44 ketika Wai Htet Phyoe berhasil menembus kotak penalti dan mengirim umpan ke depan gawang. Beruntung bagi Indonesia, Aung Lwin Moe tidak bisa memaksimalkan peluang itu. Tendangannya melenceng di sisi kanan gawang.

Peluang terbaik Indonesia didapatkan Osvaldo di menit ke-45. Menerima umpan Saddil di depan gawang, Osvaldo menyundul bola. Sayang sekali, meski tak terkawal, sundulannya bisa diamankan kiper. Skor 0-0 pun menjadi hasil babak pertama. (amr)

Bagikan berita ini:
3
2
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar