Mahasiswa dan Lulusan Unhas Dipersiapkan Memasuki Dunia Kerja

0 Komentar

Direktur Alumni dan Penyiapan Karier Unhas, Abdullah Sanusi, SE, MBA, PhD bersama para pemateri.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Setelah menyelesaikan studi di suatu perguruan tinggi, lalu apa? Kurang lebih begitulah pertanyaan  yang dilontarkan HR Manager PT Indonesia Morowali Industrial Park Achmanto Mendatu, dalam mengawali materinya soal karakter lulusan yang dibutuhkan perusahaan.

Ucapan tersebut disampaikan dalam acara Hasanuddin Career Program Desember 2019, yang diselenggarakan di Aula Prof Dr Baharuddin Lopa, SH, Fakultas Hukum Unhas,  Sabtu (7/12/2019).

Achmanto mengungkapkan, ada tiga karakter mesti dimiliki lulusan yaitu nilai ekonomis, produk bernilai ekonomis, dan dapat menjual produk ekonomis. Ekonomis yang dimaksud bukanlah makna sebenarnya, melainkan seseorang menggunakan prinsip ekonomis dalam menawarkan diri ke perusahaan. Pencari kerja ibaratkan suatu barang atau jasa, dan perusahaan siap menerima penawaran barang atau jasa tersebut.

Lebih lanjut, Achmanto kembali melayangkan pertanyaan kepada peserta yang notabene mahasiswa akhir dan alumni baru. Produk Anda apa? Apa saja kebutuhan dunia yang bisa Anda suplai? Melalui pertanyaan ini Achmanto ingin menyampaikan, seseorang harus mempunyai nilai untuk dapat ditawarkan ke instansi.

Sebagai seseorang berkecimpung di perusahaan industri, ia menyampaikan, sebagian besar instansi membutuhkan orang dengan kompetensi transferable and specific. Industri biasanya membutuhkan lulusan dengan kemampuan lebih bahkan di luar dari disiplin ilmunya. Sehingga, lulusan khususnya freshgradute harus memiliki jiwa pembelajar. “Di perusahaan mana pun tidak mengharapkan profesional, tapi orang pembelajar,” kata Achmanto.

Dalam menunjukkan jiwa pembelajar melalui Curriculum Vitae atau saat interviu kerja, Achmanto menambahkan, lulusan harus mampu mengekspresikan produk ekonomisnya. Di antaranya berupa kemampuan teknis sesuai kebutuhan, kemampuan belajar dan beradaptasi, keterandalan dalam menyelesaikan tugas, serta integritas.

“Bila keempatnya dimilki, maka Anda akan diterima, atau Anda akan cepat dipromosikan bila misalnya sudah bekerja,” jelas Achmanto.

Bagaimana agar produk Anda tetap bernilai ekonomis? tambah Achmanto, lulusan harus membangun dan mempertahankan reputasinya suatu bidang tertentu.

“Jangan mudah menyerah, selesaikan proyek atau tugas secara tuntas,” lanjut Achmanto detik-detik mengakhiri materinya sekitar pukul 10.00 Wita.

Selain Achmanto, Direktorat Alumni dan Penyiapan Karier Unhas sebagai penyelenggara acara juga menyuguhkan acara talkshow berbagi dengan para alumni Unhas. Pembicara tersebut berasal dari latar belakang pekerjaan berbeda-beda. Di antaranya, Associate Relationship Manajer (ARM) BRI Cabang Barru Rudiansyah Yusuf, Pegawai Muda Departemen Surveilans Sistem Keuangan Bank Indonesia Ali Muhasan, Lulusan Calon Pegawai Negeri Sipil Kota Pare-Pare Zulfahmi, dan CEO Khalifa Institute Mumamad Akbar bahmi.

Dipandu Amel dan Indra, para pembicara berbagi soal masa berkuliah, cerita cara memperoleh pekerjaan, dan memberikan saran kepada para peserta yang ingin meniti karier. Acara talkshow berakhir pukul 12.00 Wita.

Selain materi, para peserta juga melakukan simulasi tes Toefl dari Golden Gate Education. Hasil dari tes tersebut, para peserta pun berhak memperoleh sertifikat berisi nilai Toefl dari sekolah belajar bahasa Inggris tersebut. Tes toefl adalah item kegiatan terakhir untuk kegiatan HCP hari pertama.

Hari kedua, Minggu (8/12), para peserta akan menerima materi tentang tips mengikuti psikotes dan interviu kerja dari General Manager Human Capital PT Charoen Pokphand Indonesia), Baso Alim Bahri SPsi M Adm SDA. Selain Alim, hadir pula Senior Agency Manager BRI Life, Haryani sebagai pemateri penutup pada pukul 10.30 WitaHCP adalah program pelatihan rutin untuk mahasiswa dan alumni Unhas dalam mempersiapkan diri memasuki pasar kerja. Sejak berlangsung pada November 2019, HCP sudah terlaksana lima kali hingga kini. (lis)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...