Dies Natalis Ke-59 dan Pelantikan Pengurus IKA Unhas Komisariat FIB Periode 2019-2023

0 Komentar

Sekretaris Umum Pengurus Pusat Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin, Husain Abdullah melantik Pengurus IKA Unhas Komisarita FIB periode 2019-2023

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -– Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Hasanuddin (Unhas) melaksanakan dies natalis ke-59, yang dirangkaikan dengan Pengukuhan/Pelantikan Pengurus Ikatan Alumni (IKA) Unhas Komisariat FIB periode 2019-2023, dipelataran gedung perkantoran dan perkulihan FIB, Minggu (8/12/2019).

Dies natalis yang berlangsung meriah ini, selain dihadiri langsung Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, juga ditandai dengan pentas seni sastra. Diawali dengan senam bersama yang diikuti Rektor Unhas, dekan, para wakil dekan, seluruh dosen FIB, ratusan alumni, dan para mahasiswa.

Selanjutnya, ditampilkan tari kreasi empat etnis (Makassar, Bugis, Mandar, dan Toraja), tari kreasi khas jurusan, seperti tari kreasi ala Jepang dari Jurusan Sastra Jepang, penampilan musik gambus dari jurusan Asia Barat (Sastra Arab), dan giliran para dosen, alumni, dan mahasiswa menyumbangkan lagu.

Menariknya, dalam kegiatan ini, selain diadakan lomba kue tradisional dari masing-masing jurusan, lomba stand terbaik, juga door prize dengan memberikan kupon undian kepada hadirin.

Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, mengapresiasi apa yang dilakukan panitia dies natalis ke-59 FIB Unhas ini, yang dirangkaikan dengan pelantikan Pengurus IKA Unhas Komisariat FIB. “Fakultas FIB punya peran yang sangat besar dalam memajukan Unhas, terutama dari segi akreditasi. Begitu juga dengan alumninya. Dari rangkaian dies natalis, baik di tingkat universitas, maupun dari dies natalis yang dilakukan masing-masing fakultas, justru tidak ada yang kalah meriah FIB,” ungkapnya disambut aplaus segenap hadirin.

Untuk itu, Rektor Dwia yang memasuki periode keduanya di Unhas ini mendorong peran alumni, agar seluruh Program Studi (Prodi) atu jurusan di FIB ini, segera mendapatkan mendapatkan akreditasi, terutama akreditasi internasional. Sebut saja ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA), ABEST21 Business Accreditation, maupun Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik (ASIIN), yang saat ini sudah ada empat prodi di Unhas sudah mendapatkannya.

“Tentunya, selain dari upaya pihak fakultas dan jurusan masing-masing, pihak alumni pun sangat berperan untuk mendapatkan akreditasi tersebut. Jadi, bukan saja peran alumni dalam mempersatukan alumni, tapi juga dalam peningkatan akreditasi sangat diharapkan,” imbuh Dwia.

Sementara itu, Ketua Umum Pusat IKA Unhas, Jusuf Kalla, yang diwakili Sekretaris Umum, Husain Abdullah, melantik dan mengukuhkan Pengurus IKA Unhas Komisariat FIB Unhas periode 2019-2013, yang saat ini dikomandoi Dr. H. Andi Syamrum Makkuradde, SS, SE, MSi.

Ketua IKA Unhas Komisariat FIB, Dr. H. Andi Syamrum Makkuradde, SS, SE, MSi, yang juga Camat Biringkanaya Makassar ini, mengatakan, siap mengemban amanah ini, terutama menjalankan apa yang diharapkan Rektor Unhas. “Makanya, dalam kepengurusan ini, ada penambahan departemen, serta ada juga Ketua Pengurus Harian. Ini dimaksudkan demi meningkatkan peran alumni dengan sinergitas yang tinggi,” jelasnya. (lis)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...