2020, ASN di Wajo Bisa 4 Hari Kerja

FAJAR.CO.ID -- Rencana penerapan kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) yang fleksibel terhadap waktu dan tempat terus digodok. Pemerintah kabupaten (Pemkab) Wajo juga menjadi pilot project pada Januari - Desember 2020.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Wajo, Amiruddin menyampaikan, rencana tersebut diketahuinya setelah Wajo diundang dalam rapat kick off meeting pilot project manajemen kinerja PNS berdasarkan di Jakarta Selatan pada 3 Desember kemarin.

"Selain Wajo, juga ada 16 kementerian, lembaga, pemerintah daerah sebagai pilot project. Kita diundang sebagai implementasi PP No. 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja PNS," ujarnya, Minggu, 8 Desember.

17 instansi menjadi pilot project itu. Terdiri 7 instalasi pusat dan 10 install daerah daerah. Kabupaten Wajo menjadi satu-satunya di Sulawesi.

Dia menambahkan, konsep besar kebijakan itu disebut flexible working arrangement atau pengaturan kerja yang fleksibel. Penerapan diwacanakan mulai diterapkan per 1 Januari 2020 mendatang.

"Berdasarkan PP tersebut, didalamnya mencakup lokasi dan waktu kerja,"

Kata dia, untuk pengaturan waktu tidak serta-merta ditetapkan empat hari kerja. Namun ada ketentuan minimal jam kerja harus dipenuhi oleh ASN. Yaitu, 40 jam dalam seminggu.

"Jadi ketika ASN bersangkutan ketentuan minimal jam kerja terpeni, sebelum lima hari kerja. Maka bisa mengambil libur, itulah kenapa disebut fleksibel," jelasnya. (man)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : rasid alfarizi


Comment

Loading...