Aksi Ipda Bj Handoko Bantu Persalinan Ibu Lastri di Tengah Hutan

0 Komentar

Video viral Ipda Handoko membantu seorang ibu melahirkan di hutan. Foto: JTV/Pojokpitu

FAJAR.CO.ID, BOJONEGORO – Warga Bojonegoro digegerkan dengan beredarnya video viral aksi heroik, anggota polisi yang membantu seorang ibu melahirkan bayi laki-laki berada di tengah hutan.

Dalam video tersebut, terdapat anggota polisi yang turut membantu proses persalinan dengan peralatan seadanya. Kini ibu dan bayi dalam keadaan sehat dan masih dirawat intensif oleh petugas kesehatan.

Peristiwa tersebut terjadi di Dusun Betek Desa Gondang Kecamatan Gondang Bojonegoro. Diketahui perempuan tersebut bernama Lastri Sulistiyaningsih (34), warga Dusun Puguhrejo, Desa Gondang , Kecamatan Gondang Bojonegoro.

Agus Riyanto, Kepala Desa Gondang, mengatakan, kejadian tersebut bermula ketika Lastri yang telah hamil delapan bulan pada Jumat lalu merasa sakit perut.

Sang suami, Yuliono dan ayah mertuanya langsung mengantarkan Lastri menuju puskesmas setempat yang berjarak 5 kilometer dari rumah.

“Di tengah jalan tiba-tiba korban merasa kesakitan dan meminta berhenti saat melintasi hutan menuju Puskesmas. Padahal prediksi medis dia baru akan melahirkan pada awal bulan Januari mendatang,” tutur Agus.

Saat itulah Ipda Bj Handoko, yang bertugas menjadi Babin Kamtibmas Desa Gondang, sedang melintas dan melihat korban beserta suami dan keluarga berusaha membantu persalinan yang berada di tengah hutan.

Tanpa berpikir panjang, Ipda Bj Handoko langsung membantu persalinan tersebut dan meminta warga lain yang melintas untuk menghubungi petugas medis terdekat.

Sementara itu, menurut Ipda Bj Handoko, sebelum petugas medis sampai ke lokasi, Lastri telah berhasil melahirkan bayi laki-lakinya dengan selamat meskipun dengan peralatan seadanya.

Guna menjaga kesehatan bayi sebelum datangnya tim medis, Ipda Bj Handoko sempat memeluk bayi agar tidak kedinginan.

“Selang sepuluh menit kemudian, tim medis beserta ambulance tiba di lokasi dan langsung membawa ibu dan bayi laki-lakinya ke Puskesmas Gondang,” kata Ipda Bj Handoko.

Kini Lastri Sulistyanigsing dalam keadaan sehat dan masih mendapatkan perawatan medis di Puskesmas Gondang. Kelahiran ini merupakan anak kedua dari pasangan suami istri Yuliono dan Lastri Sulistyaningsih.

Sementara bayi laki-lakinya masih mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Sosodoro Djatikusuma Bojonegoro, karena lahir dalam keadaan prematur dengan berat badan hanya 1,7 kilogram. (jpnn/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...