Balitbangda Dorong Masyarakat Jadikan Rumput Laut Jadi Pakan Unggas


FAJAR.CO.ID, PALOPO — Pemerintah Kota Palopo melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Palopo, menggelar FGD Penguatan Sistem Inovasi Daerah Tahun 2019-2023 dengan tema “Optimasi Biostimulan Cair dan Padat Berbahan Rumput Laut Glacillaria dan Teknologi Pakan Unggas Berbahan Baku Lokal dan Berkualitas Tinggi, yang dilaksanakan di Aula Pantai Labombo Palopo, Senin, 9 Desember 2019.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Palopo Andi Enceng menyampaikan, optimasi biostimulan cair dan padat berbahan rumput laut Glacillaria targetnya adalah menggantikan 10% penggunaan pupuk kimia di Palopo.

Kedua teknologi pakan unggas berbahan baku lokal dan berkualitas tinggi dengan targetnya menjadi pakan alternatif yang berkualitas secara khusus di UPTD pembibitan unggas Mancani dan secara umum pada peternak di Palopo dengan inovatif dan berkelanjutan.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Ishak Iskandar menyampaikan Pemerintah Kota Palopo sangat mengapresiasi optimasi pengembangan usaha dari rumput laut di Kota Palopo.

“Biostimulan yang dibuat berbahan organik atau alami dimana bahan-bahan ini begitu banyak manfaatnya, sementara penggunaan rumput laut sebagai bahan pakan unggas sampai saat ini belum optimal,” papar Asisten III.

Pakan unggas masih tergantung dari bahan baku yang masih di impor dengan naiknya harga bahan baku pakan di pasaran internasional seperti jagung, kedelai, dan tepung ikan mengakibatkan harga pakan pabrik ikut naik.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar