Konsumsi Jahe di Musim Hujan, Rasakan 8 Manfaatnya


FAJAR.CO.ID — Perubahan cuaca membuat tubuh rentan sakit. Daya tahan tubuh bisa drop saat musim hujan. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, jahe bisa menjadi solusinya.

Anda bisa menambahkan satu hingga dua sendok teh jahe parut ke dalam masakan sehari-hari. Atau bisa merebus beberapa ruas jahe dan minum airnya.

Konsultasikan dulu dengan dokter jika memiliki riwayat penyakit dan mengonsumsi obat apa pun agar tak ada efek sampingnya. Dilansir dari The Statesman, Senin (9/12), beberapa khasiat jahe di antaranya,

Antibakteri

Jahe adalah antibakteri sehingga membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Baik untuk mengonsumsi jahe setiap hari untuk mencegah berbagai penyakit pancaroba.

Anti-inflamasi

Jahe mengandung senyawa anti-inflamasi fenolik yang disebut gingerol yang bertanggung jawab untuk merelaksasi pembuluh darah. Jahe juga merupakan pengencer darah alami yang meningkatkan aliran darah, sehingga membantu menghangatkan tubuh.

Obat Flu

Jahe bisa menangkal flu. Bahkan, jika terlanjur sakit, jahe akan membuat flu mereda.

Atasi Nyeri Otot

Jahe meredakan nyeri otot. Jahe meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah dan menyembuhkan gejala yang dapat menyebabkan nyeri otot. Nyeri otot biasanya memburuk selama cuaca dingin. Jahe memiliki khasiat ajaib untuk menyembuhkan berbagai jenis nyeri otot.

Obat Nyeri Lutut

Lansia bisa mengalami nyeri lutut selama cuaca dingin. Minum rebusan jahe secara teratur dapat membantu. Anda juga dapat mengonsumsi jahe dengan susu untuk menghilangkan rasa sakit. Jahe dapat membantu mengobati kondisi ini dengan menurunkan peradangan pada sendi.

Komentar

Loading...