Kucumbu Tubuh Indahku Paling Banyak Boyong Piala Citra di FFI 2019


FAJAR.CO.ID– Film Kucumbu Tubuh Indahku sukses memboyong paling banyak Piala Citra di ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2019. Film garapan sutradara Garin Nugroho tersebut berhasil meraih sedikitnya 8 piala dari total 12 nominasi.

Delapan kategori yang berhasil dimenangkan film Kucumbu Tubuh Indahku di ajang FFI 2019 adalah kategori Pemeran Utama Pria Terbaik (Muhammad Khan), Sutradara Terbaik (Garin Nugroho), Pemeran Pendukung Pria Terbaik (Whani Dharmawan) , Pengarah Artistik Terbaik (Edy Wibowo) , Penyunting Gambar Terbaik ( Greg Arya), Penata Musik Terbaik (Ramondo Gascaro) Penata Busana Terbaik (Retno Ratih Damayanti), dan Film Cerita Panjang Terbaik.

Mengomentari pencapaian membanggakan tersebut, sutradara Benni Setiawan menganggap bahwa Kucumbu Tubuh Indahku memang pantas diganjar banyak penghargaan dari FFI 2019. Karena menurutnya, film yang sempat diwarnai kontroversi pada waktu penayangannya itu bisa disebut sebagai film terbaik yang diproduksi tahun ini.

“Saya sih merasa bahwa film itu bagus ya. Pantas lah kalau memborong piala citra. Sebelumnya saya kan juga masuk tim juri Oscar dan tim juri meloloskan film itu. Bisa dibilang itu film terbaik di tahun ini,” ucap Benni kepada JawaPos.com, Senin (8/12).

Tidak seperti tudingan banyak orang yang menuding film ini sebagai proaganda LGBT, Benni justru memberikan penilaian berbeda. Katanya, adegan itu sengaja dimasukkan Garin Nugroho untuk memotret fenomena sosial yang memang benar-benar terjadi. Benni memiliki keyakinan bahwa Garin tidak mempunyai niatan negatif untuk menjadikan filmnya sebagai media propaganda LGBT.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar