Preview West Ham vs Arsenal: Akhiri Mimpi Buruk

Bek Arsenal, Hector Bellerin berharap bisa segera kembali ke jalur kemenangan/Dylan Martinez/Reuters

FAJAR.CO.ID, LONDON—Arsenal harus melawan tekanan dan tampil lebih percaya diri dalam derbi London kontra West Ham United. Kalau masih ingin berburu tiket Liga Champions, laga ini wajib mereka menangi.

Kekalahan 1-2 dari Brighton & Hove Albion melengkapi rentetan tujuh laga tanpa kemenangan Arsenal. Hasil terbaru ini cukup memalukan mengingat mereka tampil di Emirates Stadium.

Pelatih sementara, Freddie Ljunberg mengakui semua pemain The Gunners saat ini merasakan tekanan besar pasca hasil-hasil buruk yang mereka dapatkan. Itu membuat mereka tampak kurang pede di lapangan.

Masalah inilah yang coba diatasi Ljunberg ketika mereka berkunjung ke London Stadium pada pekan ke-16 Premier League, dinihari nanti. Dan sang legenda menegaskan mengubah mood pemain bukanlah pekerjaan mudah.

“Itu bagian yang sulit. Mereka terlihat sangat kekurangan kepercayaan diri. Itu sesuatu yang perlu kita bicarakan. Mereka perlu menang, kita perlu menggali kemenangan dan membuat mereka percaya diri,” kata Ljunberg di situs resmi Arsenal.

“Mereka adalah manusia seperti orang lain, mereka ingin melakukannya dengan baik dan mereka merasakan tekanan. Itu adalah sesuatu yang perlu kita kerjakan dan aku merasa jika kita menang, kita bisa sampai di sana,” lanjut Ljunberg.

Arsenal yang juga harus membenahi pertahanannya yang tampak sangat keropos saat ini berada di peringkat 10 dengan poin 19. Mereka terpaut sepuluh angka dari Chelsea yang ada di zona terakhir Liga Champions. Dengan begitu, mereka harus bisa memenangi laga ini untuk memperpendek jarak.

Ljunberg sendiri menegaskan bahwa mereka memang harus mulai merangkak naik di periode sibuk ini. “Semoga kami dapat mengubahnya dengan cepat. Saya tahu celahnya (dengan tim empat besar) tapi yang bisa kami lakukan hanyalah bekerja,” tandasnya.

Bek Arsenal Hector Bellerin sangat percaya bahwa The Gunners akan segera kembali ke jalur kemenangan dengan semua upaya yang mereka lakukan. “Kami harus terus maju, saya yakin 100% hasilnya akan datang,” ujarnya di BBC.

Bagi pemain Spanyol, itu mereka tidak pernah kehilangan ambisi memenangi pertandingan. “Setiap pemain telah memberi 100%. Ketika kami pergi ke lapangan kami ingin menang dan memberikan yang terbaik. Saya merasa bahwa tim kami penuh energi,” ujarnya.

Bagaimana dengan West Ham? Situasi mereka sebenarnya tidak jauh beda. Hanya saja, dua pekan lalu, The Hammers mampu mengalahkan Chelsea. Itu memberi mereka motivasi untuk kembali memenangi derby London ini.

“Ini pertandingan khusus karena kami tidak memenangkan pertandingan terakhir kami di kandang. Saya senang dengan cara kami bermain melawan Chelsea. Saya tidak senang dengan hasil melawan Wolverhampton dan sekarang kami harus pulihkan hasil kami di rumah,” tegas Manajer West Ham, Manuel Pellegrini di situs resmi klub.

Walau begitu, pelatih asal Cile itu tak mau menganggap ini akan jadi laga mudah. Terlepas bahwa Arsenal tanpa kemenangan di tujuh laga terakhir, menurut Pellegrini, Arsenal tetap klub besar dengan banyak bintang yang bisa mengubah situasi.
 
“Saya berharap melihat tim yang akan mencoba membalikkan hasil. Mereka memiliki banyak pemain top. Kami harus mencoba memenangkan pertandingan dengan kinerja yang baik. Aneh bagi Arsenal untuk berada dalam situasi ini. Tapi itulah sepakbola,” kata mantan pelatih Manchester City tersebut.

West Ham masih tanpa Lukasz Fabianski dan Manuel Lanzini. Sedangkan Robert Snodgrass, Jack Wilshere, dan Michail Antonio akan dilihat kondisi terakhirnya jelang kickoff. Sementara di kubu Arsenal, mereka dipastikan belum bisa diperkuat Dani Ceballos. (amr)

Prakiraan Pemain
West Ham (4-4-1-1): Martin; Fredericks, Diop, Ogbonna, Cresswell; Snodgrass, Rice, Noble, Fornals; Anderson; Haller
Arsenal (4-2-3-1): Leno; Bellerin, Luiz, Sokratis, Tierney; Xhaka, Guendouzi; Aubameyang, Ozil, Saka; Lacazette

Head to head
12/01/19 West Ham 1-0 Arsenal
25/08/18 Arsenal 3-1 West Ham
22/04/18 Arsenal 4-1 West Ham
19/12/17 Arsenal 1-0 West Ham
13/12/17 West Ham 0-0 Arsenal

Lima pertandingan terakhir Arsenal

06/11/19 Vitoria de Guimaraes 1-1 Arsenal
09/11/19 Leicester City 2-0 Arsenal
23/11/19 Arsenal 2-2 Southampton
28/11/19 Arsenal 1-2 Eintracht Frankfurt
01/12/19 Norwich City 2-2 Arsenal
05/12/19 Arsenal 1-2 Brighton

Lima pertandingan terakhir West Ham United
02/11/19 West Ham 2-3 Newcastle United
09/11/19 Burnley 3-0 West Ham
23/11/19 West Ham 2-3 Tottenham
30/11/19 Chelsea 0-1 West Ham
04/12/19 Wolverhampton Wanderers 2-0 West Ham

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir


Comment

Loading...